Pengembangan media pembelajaran dalam menyusun laporan keuangan perusahaan jasa berbasis E-learning menggunakan Moodle pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Boyolangu / Nuwera Intan Handini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran dalam menyusun laporan keuangan perusahaan jasa berbasis E-learning menggunakan Moodle pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Boyolangu / Nuwera Intan Handini

Handini, Nuwera Intan (2012) Pengembangan media pembelajaran dalam menyusun laporan keuangan perusahaan jasa berbasis E-learning menggunakan Moodle pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Boyolangu / Nuwera Intan Handini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Media pembelajaran E-Learning Moodle. Media pembelajaran memiliki peranan sangat penting dalam proses pembelajaran. Media membantu proses penyampaian informasi dari guru kepada siswa. Media juga menjadikan sesuatu yang abstrak dan sulit dimengerti bagi siswa menjadi lebih jelas dan mudah dimengerti. Seiring dengan perkembangan teknologi maka keberadan media berbasis komputer banyak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran akuntansi yang berbasis e-learning dengan menggunakan moodle yaitu salah satu aplikasi dari e-learning yang dapat dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran dan mudah dalam pembuatannya. Pokok bahasan laporan keuangan perusahaan jasa merupakan materi yang harus dikuasai oleh siswa baik konsep maupun praktek penyusunan serta sistematika. Visi dan misi sekolah serta sarana prasarana sekolah dapat mendukung pengembangan media sehingga dapat meningkatkan pembelajaran di sekolah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall. Tahapan yang digunakan meliputi 1) analisis kebutuhan awal 2) pengembangan produk awal 3) Validasi ahli 4) Revisi I 5) Uji lapangan terbatas 6) Revisi II 7) Produk akhir. Validasi media pembelajaran berbasis e-learning dilakukan oleh tiga subyek yaitu ahli materi ahli media dan pengguna (siswa). Hasil validasi oleh ahli materi ahli media dan pengguna (siswa) secara keseluruhan memperoleh rata-rata 92 72% . Hal ini menunjukkan media pembelajaran berbasis e-learning yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru khususnya untuk memanfaatkan media pembelajaran berbasis e-learning dalam proses pembelajaran. Sarana dan prasarana di kelas hendaknya memadai untuk menunjang proses pemanfaatan media secara optimal. Lebih jauh agar dapat dikembangkan media pembelajaran berbasis e-learning pada materi lain dan inovasi baru agar dapat meningkatkan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34552

Actions (login required)

View Item View Item