Pengaruh pemanfaatanmultimedia pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang / Nurul Faridah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatanmultimedia pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang / Nurul Faridah

Faridah, Nurul (2012) Pengaruh pemanfaatanmultimedia pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang / Nurul Faridah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Multimedia Pembelajaran Prestasi Belajar Akuntansi. Pemanfaatan multimedia pembelajaran disadari oleh banyak praktisi pendidikan dapat membantu aktivitas proses belajar mengajar baik di dalam maupun di luar kelas. Multimedia pembelajaran memiliki kemampuan dalam menggabungkan semua unsur media seperti teks gambar animasi dan suara menjadi satu kesatuan penyajian yang terintegrasi sehingga diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan multimedia pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI IPS 3 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Independent Sample T Test (Uji T untuk dua sampel tidak berpasangan). Hasil analisis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 272. Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0 272 lebih besar daripada 0 05. Berdasarkan nilai signifikansi yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa H0 diterima yang berarti bahwa tidak ada pengaruh pemanfaatan multimedia pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada perbedaan prestasi belajar akuntansi antara siswa kelas ekperimen yang mendapat perlakuan berupa multimedia pembelajaran dengan siswa kelas kontrol yang mendapat perlakuan tanpa multimedia pembelajaran atau hanya menggunakan metode konvensional saja. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar guru lebih kreatif dan inovatif dalam merancang dan memanfaatkan media pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34551

Actions (login required)

View Item View Item