Pengembangan media pembelajaran dengan bantuan Adobe Flash CS 5 pada standar kompetensi mengelola dokumen transaksi Program Keahlian Akuntasi di SMK Islam Batu / Nyomi Puji Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran dengan bantuan Adobe Flash CS 5 pada standar kompetensi mengelola dokumen transaksi Program Keahlian Akuntasi di SMK Islam Batu / Nyomi Puji Lestari

Lestari, Nyomi Puji (2012) Pengembangan media pembelajaran dengan bantuan Adobe Flash CS 5 pada standar kompetensi mengelola dokumen transaksi Program Keahlian Akuntasi di SMK Islam Batu / Nyomi Puji Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Media pembelajaran Adobe Flash CS 5 Mengelola Dokumen Transaksi Dalam proses belajar mengajar para guru sering dihadapkan pada persoalan-persoalan yang berkaitan dengan bagaimana cara mempermudah belajar peserta didik. Salah satu unsur yang mempunyai banyak pengaruh untuk mempermudah siswa dalam memperoleh pengetahuan dan informasi adalah adanya unsur media pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan solusi atas permasalahan tersebut sehingga penelitian pengembangan media pembelajarn dengan bantuan Adobe Flash CS 5 ini diharapkan akan membantu guru untuk mengatasi permasalahan tersebut. Adapun tujuan dari pengembangan adalah (1) menghasilkan media pembelajaran yang layak sebagai alternatif media pembelajaran yang interaktif (2) untuk mempermudah siswa dalam memahami materi mengelola dokumen transaksi sehingga dapat meningkatkan nilai akademik peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Prosedur pengembangan pada penelitian ini antara lain (1) analisa kebutuhan (2) pengumpulan data (3) mengembangkan desain produk (4) validasi desain (5) revisi I (6) uji coba produk (7) revisi II (8) uji coba lapangan terbatas (9) revisi III (10) produk akhir. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Jenis angket yang digunakan yaitu angket tertutup dan angket terbuka. Angket tertutup menghasilkan jenis data kuantitatif sedangkan angket terbuka menghasilkan jenis data kualitatif yaitu berupa komentar dan saran. Teknik analisis menggunakan data kuantitatif memperoleh skor persentase untuk validasi ahli materi sebesar 89 41% ahli media 98 00% uji coba produk sebesar 88 00 dan uji coba lapangan terbatas sebesar 87 60% sehingga secara keseluruhan didapatkan skor persentase sebesar 90 75%. Hasil analisis uji paired sample t test memperoleh nilai 0 000 lebih kecil daripada 0 05. Berdasarkan hasil validasi dan uji paired sample t test bahwa media pembelajaran dengan bantuan Adobe Flash CS 5 yang dikembangkan layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pengembangan media pembelajaran dengan bantuan Adobe Flash CS 5 masih memiliki beberapa kekurangan diantaranya masih bersifat offline sehingga diharapkan peneliti selanjutnya dalam melakukan pengembangan media pembelajaran bisa bersifat online agar bisa dijangkau pengguna secara lebih luas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34549

Actions (login required)

View Item View Item