Kegiatan apersepsi dalam mata pelajaran akuntansi yang dilakukan oleh guru di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Yeyen Widyastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Kegiatan apersepsi dalam mata pelajaran akuntansi yang dilakukan oleh guru di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Yeyen Widyastuti

Widyastuti, Yeyen (2012) Kegiatan apersepsi dalam mata pelajaran akuntansi yang dilakukan oleh guru di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Yeyen Widyastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kegiatan apersepsi. Kegiatan Apersepsi merupakan kegiatan yang paling awal dalam pembelajaran di kelas dimana guru memulai pelajaran dengan memasuki dan memacu pengetahuan yang telah dimiliki siswa untuk dikaitkan dengan isi materi pelajaran. Kegiatan pembelajaran tersebut dapat dimanfaatkan oleh guru untuk meningkatkan konsentrasi dan motivasi siswa mulai dari awal pembelajaran sampai pelajaran berakhir. Metode mengajar guru akuntansi di SMK Muhammadiyah 3 Singosari dalam memulai pelajaran selama ini tidak cukup untuk mempersiapkan sikap belajar siswa karena guru hanya memberi salam mengabsen siswa mengumpulkan tugas dan bahkan terkadang langsung masuk kepada inti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kegiatan apersepsi yang dilakukan oleh guru serta respon siswa terhadap kegiatan apersepsi yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran akuntansi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian sekaligus sebagai sumber data adalah guru akuntansi dan siswa jurusan akuntansi kelas X dan XI. Peneliti sebagai instrumen penelitian menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara perekaman pembelajaran di dalam kelas pedoman observasi dan penelaahan dokumen. Data dianalisis secara kualitatif dengan cara mendiskripsikan secara naratif. Pengamatan penuh dan triangulasi digunakan sebagai sarana untuk menjaga keabsahan data dalam penelitian ini. Triangulasi dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber yakni membandingkan dan mengecek hasil wawancara dan hasil perekaman dengan data observasi dan hasil penelaahan dokumen. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa guru akuntansi SMK Muhammadiyah 3 Singosari secara teori memahami dengan baik kegiatan apersepsi namun tidak selalu diterapkan dalam pembelajaran akuntansi di dalam kelas. Di samping itu dengan kegiatan apersepsi yang dilakukan oleh guru sikap belajar siswa dapat meningkat dengan timbulnya perhatian dan motivasi belajar. Namun kegiatan apersepsi bukan menjadi faktor utama dalam menentukan motivasi belajar siswa di kelas IQ siswa dan gaya mengajar guru ikut mempengaruhi. Dengan penelitian ini disarankan kepada guru bidang keahlian akuntansi di SMK Muhammadiyah 3 Singosari untuk melakukan kegiatan apersepsi sebelum masuk pada materi akuntansi yang akan diajarkan. Guru diharapkan dapat menvariasikan bentuk kegiatan apersepsi tersebut supaya sikap belajar siswa dapat meningkat. Untuk siswa disarankan untuk melakukan perubahan pada kebiasaan belajarnya sehingga mampu mengoptimalkan pembelajaran di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34548

Actions (login required)

View Item View Item