Setiowati, Yayuk (2012) Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis multimedia interaktif pokok bahasan mengelola kartu utang / Yayuk Setiowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Media pembelajaran sebagai salah satu komponen sumber belajar dan merupakan bagian integral dari keseluruhan komponen pembelajaran menempati posisi yang penting dan akan turut menentukan keberhasilan pembelajaran. Dengan memanfaatkan teknologi maka dapat diciptakan media pembelajaran yang interaktif yang memungkinkan guru dapat menyajikan informasi dengan melibatkan lebih dari satu indera sehingga dapat meningkatkan informasi yang diserap siswa sehingga hasil belajar yang dicapai siswa meningkat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan Prosedur pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Langkah-langkah pengembangan meliputi (a) penelitian dan pengumpulan data (b) perencanaan (c) pengembangan produk (d) validasi ahli media dan ahli materi (e) revisi produk 1 (f) uji coba lapangan terbatas (g) revisi produk 2 dan (h) produk akhir. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia yang dikemas dalam CD (compact disc) pembelajaran pada pokok bahasan mengelola kartu utang yang telah melalui proses validasi dan mengetahui keefektifan penggunaan multimedia pembelajaran melalui studi eksperimen terhadap prestasi siswa yang dilakukan di kelas XI AK 1 SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Hasil validasi oleh ahli materi Media dan uji coba terbatas (pengguna) secara keseluruhan memperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 87 36% dan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif valid dan dapat digunakan dalam menunjang proses pembelajaran. Hasil tersebut juga didukung oleh hasil uji sign test terhadap nilai pretest dan posttest yang memperoleh nilai signifikansi 0 000 dimana nilai tersebut lebih kecil daripada 0 05. Berdasarkan hasil validasi dan uji sign test dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru khususnya untuk memanfaatkan multimedia interaktif dalam proses pembelajaran. Sarana dan prasarana di kelas hendaknya memadai untuk menunjang proses pemanfaatan media secara optimal. Untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan materi berikutnya serta mengambangkan produk penunjang pembelajaran akuntansi berupa media yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34547 |
Actions (login required)
View Item |