Purbawisesa, Bagus Permana (2012) Pengaruh ketaatan siswa pada peraturan sekolah dan keefektifan guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi akuntansi di SMA Negeri 1 Batu / Bagus Permana Purbawisesa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Ketaatan Keefektifan Mengajar Prestasi Belajar Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal pada pelaksanaannya memerlukan peraturan yang harus ditaati siswa. Sehingga siswa dituntut menaati peraturan sekolah untuk berperilaku sesuai yang diinginkan dengan demikian maka akan tercipta iklim kondusif untuk belajar. Dengan terciptanya iklim yang kondusif untuk belajar guru akan lebih efektif dalam memberikan pelajaran di dalam kelas dengan berbagai metode dan strategi yang disesuaikan dengan materi dan kebutuhan siswa. Semakin baik tingkat ketaatan siswa pada peraturan sekolah dan semakin efektif guru dalam mengajar maka siswa akan lebih senang dan bersemangat dalam belajar sehingga semakin besar pula pengaruhnya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan uraian tersebut maka penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh ketaatan siswa pada peraturan sekolah dan keefektifan guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah ketaatan siswa pada peraturan sekolah (X1) dan keefektifan guru dalam mengajar (X2) sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar siswa (Y). Jenis penelitian ini adalah eksplanatif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Skala yang digunakan adalah skala model likert dengan empat pilihan jawaban. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data dapat dilihat bahwa (1) Ketaatan siswa pada peraturan sekolah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu. (2) Keefektifan guru dalam mengajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu. (3) Ketaatan siswa pada peraturan sekolah dan keefektifan guru dalam mengajar berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ketaatan siswa pada peraturan sekolah dan keefektifan guru dalam mengajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Saran dalam penelitian ini adalah (1) Kepada pihak sekolah hendaknya terus mempertahankan tingkat ketaatan siswa pada peraturan sekolah dan kepada para guru hendaknya juga terus mempertahankan keefektifannya dalam mengajar sehingga siswa dapat belajar dengan baik dan siswa dapat mencapai prestasi belajar yang optimal. (2) Bagi pembaca yang berminat untuk meneliti penelitian sejenis sebaiknya untuk penelitian selanjutnya tidak hanya difokuskan pada satu sekolah saja tetapi penelitian dapat dilakukan pada beberapa sekolah sehingga dapat membandingkan tingkat ketaatan siswa dan keefektifan guru dalam mengajar serta dapat mengungkap lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil temuan yang lebih bermanfaat bagi banyak pihak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34546 |
Actions (login required)
View Item |