Pengaruh model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran akuntansi kelas XI Program Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Yulaika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran akuntansi kelas XI Program Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Yulaika

Yulaika (2012) Pengaruh model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran akuntansi kelas XI Program Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Yulaika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model pembelajaran STAD aktivitas hasil belajar. Dalam proses belajar mengajar aktivitas siswa sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada aktivitas siswa adalah model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions). Model pembelajaran STAD merupakan salah satu metode pembelajaran aktif yang menjadikan hasil belajar yang diperoleh maksimal. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan mengambil tema model pembelajaran STAD mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran STAD apakah berpengaruh lebih baik daripada pembelajaran konvensional untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen karena model pembelajaran yang digunakan masih konvensional dengan metode ceramah serta sebagian besar siswa khususnya pada mata pelajaran akuntansi cenderung pasif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AK 1 sebagai kelas kontrol yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional dan siswa kelas XI AK 2 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar (pretest-posttest) dan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil uji T independent sample two tailed dapat disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap aktivitas siswa selama proses pembelajaran akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dengan hasil nilai signifikansi 0 000. (2) Ada pengaruh model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap hasil belajar siswa selama proses pembelajaran akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dengan hasil nilai signifikansi 0 000. Dari kesimpulan tersebut dapat disarankan agar model pembelajaran STAD dijadikan alternatif bagi guru akuntansi atau guru bidang studi lainnya dalam memilih model pembelajaran yang akan digunakan di kelas untuk membangkitkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa di kelas bagi peneliti berikutnya yang ingin mengadakan penelitian sejenis diharapkan dapat membuat skenario model pembelajaran STAD yang lebih menarik bagi sekolah hasil penelitian diharapkan menjadi bahan pertimbangan untuk memperbaiki sistem pembelajaran dan bagi siswa model pembelajaran STAD diharapkan mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34544

Actions (login required)

View Item View Item