Kegiatan menutup pelajaran pada mata pelajaran akuntansi di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Martina Sani - Repositori Universitas Negeri Malang

Kegiatan menutup pelajaran pada mata pelajaran akuntansi di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Martina Sani

Sani, Martina (2012) Kegiatan menutup pelajaran pada mata pelajaran akuntansi di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Martina Sani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kegiatan menutup pelajaran. Kegiatan menutup pelajaran merupakan kegiatan yang dilaksanakan di akhir pembelajaran dimana guru memberikan kesimpulan di akhir pelajaran mengevaluasi dan melaksanakan tindak lanjut dari pembelajaran yang telah dilaksanakan. Kegiatan tersebut dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mengetahui sejauh mana tujuan telah tercapai. Keterampilan mengajar guru akuntansi di sekolah pada umumnya dalam menutup pelajaran belum sepenuhnya membuat siswa memahami inti dari materi yang telah diajarkan dan kurang menimbulkan adanya kesan dari pembelajaran yang telah dilaksanakan karena guru hanya memberikan tugas kepada siswa dan mengucapkan salam di akhir pelajaran. Pelaksanaan penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan kegiatan menutup pelajaran yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran akuntansi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian yang sekaligus sebagai sumber data adalah guru akuntansi dan siswa jurusan akuntansi. Peneliti sebagai instrumen penelitian menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara rekaman pembelajaran di dalam kelas observasi dan penelaahan dokumen. Data dianalisis secara kualitatif dengan cara mendiskripsikan secara naratif. Ketekunan pengamatan dan triangulasi digunakan sebagai sarana untuk menjaga keabsahan data dalam penelitian ini. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan menutup pelajaran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi telah melaksanakan kegiatan menutup pelajaran namun tidak semua guru melaksanakan kegiatan tersebut dengan baik. Guru akuntansi di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi secara teori memahami dengan baik kegiatan menutup pelajaran namun tidak selalu diterapkan dalam pembelajaran akuntansi di dalam kelas. Dengan kegiatan menutup pelajaran yang dilakukan oleh guru siswa lebih mudah dalam memahami materi yang telah diajarkan oleh guru. Dengan penelitian ini disarankan kepada guru bidang keahlian akuntansi di sekolah agar selalu melaksanakan kegiatan menutup pelajaran sesuai dengan pemahaman yang telah dimilikinya. Selain itu juga harus memiliki perencanaan sebelum mengajar agar keterampilan mengajarnya menjadi lebih baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Sani Martina. Of 2012. Closing Activities Accounting Lessons on Subjects in 7 Gondanglegi SMK Muhammadiyah. Thesis Department of Accounting Faculty of Economics State University of Malang. Supervisor (1) Prof. Dr. Bambang Sugeng SE MA MM Ak (II) Diana Tien Irafahmi S.Pd. M.Ed Key words activities cover lessons Activities cover the lesson activities carried out at the end of learning where teachers give a conclusion at the end of the lesson evaluate and implement follow-up of learning that have been implemented. These activities can be used by teachers to determine the extent to which objectives have been achieved. Teaching skills of teachers in schools in general accounting in closing the lesson has not been fully make students understand the core of the material that has been taught and not cause the appearance of learning that have been implemented because teachers could assign tasks to students and say hello at the end of the lesson. Implementation research aims to know the description of the implementation of the lessons cover activities undertaken by teachers in the learning of accounting. The research was conducted at SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi by using qualitative descriptive research design. Research subjects as well as the data source is the teacher of students majoring in accounting and accounting. Researcher as research instrument used in the form of interview data collection techniques recording of learning in the classroom observation and review of documents. Data were analyzed qualitatively with a narrative describing the way. Persistence observations and triangulation is used as a means to maintain the validity of the data in this study. Based on research data and discussion it can be concluded that the activity in SMK Muhammadiyah cover lessons 7 Gondanglegi been closed conducting lessons but not all teachers carry out these activities properly. Accounting teacher at SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi well understood theoretically close the lesson activities but not always applied in the accounting learning in the classroom. With the lessons cover activities undertaken by teachers students more easily understand the material that has been taught by the teacher. With this research it is recommended to teachers at the school of accounting expertise to always carry the lessons cover activities in accordance with the understanding he had. It also must have a plan before teaching the skills to teach him better so that learning objectives can be achieved optimally.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34543

Actions (login required)

View Item View Item