Pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi pada siswa Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Kota Pasuruan / Dina Fahma Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi pada siswa Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Kota Pasuruan / Dina Fahma Sari

Sari, Dina Fahma (2012) Pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi pada siswa Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Kota Pasuruan / Dina Fahma Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kecerdasan Interpersonal Kepercayaan Diri Pemahaman Akuntansi Pemahaman merupakan hal yang mendasar dan menjadi tujuan akhir dari setiap pengajaran. Faktor- faktor yang mempengaruhi pemahaman diantaranya adalah kecerdasan Interpersonal dan kepercayaan diri. Kecerdasan Interpersonal adalah kemampuan untuk memahami membina menciptakan dan mempertahankan hubungan dengan orang lain. Kepercayaan diri adalah yakin percaya berani memiliki penilaian yang positif akan kemampuan diri sendiri tanpa merasa terpengaruh oleh orang lain untuk mencapai apa yang diinginkan dan bertanggung jawab atas keputusan yang diambil. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan Interpersonal terhadap pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi. Variabel penelitian yang digunakan adalah kecerdasan interpersonal (X) kepercayaan diri (Z) dan pemahaman akuntansi (Y). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X XI XII jurusan Akuntansi yang berjumlah 63 siswa sedangkan sampel yang diambil berjumlah 39 siswa. Teknik pemilihan sampel menggunakan Propotional Random Sampling. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan kuisioner untuk seluruh variabel yaitu kecerdasan interpersonal kepercayaan diri dan pemahaman akuntansi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi dengan kontribusi sebesar 0 357. Semakin meningkatnya kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri maka akan meningkatnya pemahaman akuntansi siswa. Siswa yang sudah memiliki kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri yang tinggi akan mampu menjelaskan apa yang ada dipikirnya dengan yakin bahwa penjelasannya adalah benar dan tidak memiliki rasa canggung dalam mengungkapkan pendapat karena ia mampu bertindak mandiri. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penelitian ini memiliki keterbatasan berupa (a) penelitian terbatas menggunakan faktor internal yaitu kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri beberapa faktor lain masih belum dipertimbangkan (b) Indikator pernyataan pemahaman akuntansi terbatas pada akuntansi secara umum (c) teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini menggunakan kuisioner yang dibuat oleh peneliti yang tidak mengakomodasi penjelasan di luar perihal yang ditanyakan. Berdasarkan keterbatasan penelitian disarankan bagi peneliti selanjutnya (a) menambah variabel lain selain kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri apabila akan mengambil masalah serupa karena berdasarkan hasil penelitian kedua faktor tersebut hanya mewakili faktor internal (b) indikator pernyataan pemahaman akuntansi dapat diukur sesuai dengan materi akuntansi yang diajarkan di kelas (c) Teknik pengumpulan data dapat ditambah seperti dengan menggunakan teknik wawancara sehingga data yang terkumpul dapat lebih lengkap dan mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34541

Actions (login required)

View Item View Item