Proses perubahan organisasional sekolah: Analisis alih fungsi SMK Negeri 12 Malang / Mita Mardyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses perubahan organisasional sekolah: Analisis alih fungsi SMK Negeri 12 Malang / Mita Mardyawati

Mardyawati, Mita (2012) Proses perubahan organisasional sekolah: Analisis alih fungsi SMK Negeri 12 Malang / Mita Mardyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci perubahan organisasional alih fungsi SMA ke SMK. Perubahan merupakan sebuah hal yang tidak dapat dihindari oleh siapapun baik bagi individu maupun organisasi. Perubahan merupakan sebuah upaya untuk melakukan perbaikan dan penyesuaian terhadap lingkungan. Perubahan seringkali dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu sarana yang dapat digunakan untuk masyarakat agar dapat maju dan berkembang adalah melalui pendidikan. Organisasi pendidikan merupakan organisasi dengan sistem terbuka dimana organisasi ini dipengaruhi oleh lingkungan. Oleh karena itu masalah pendidikan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Berbagai strategi dilakukan untuk menciptakan sistem pendidikan yang memenuhi tuntutan perkembangan jaman. Salah satu strategi yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan mendorong pertambahan jumlah SMK di daerah-daerah seluruh Indonesia. Pemerintah Kota Malang mendukung kebijakan pemerintah dengan melakukan alih fungsi SMA ke SMK. Perubahan alih fungsi ini merupakan perubahan secara organisasional karena menyangkut perubahan pada struktur organisasi perubahan pada prosedur kerja perubahan kebutuhan ruang belajar dan perubahan pada sumber daya manusia (tenaga pendidik dan kependidikan). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dasar dilaksanakannya perubahan alih fungsi SMA Negeri 12 ke SMK Negeri 12 Malang (2) mendeskripsikan pengembangan struktur organisasi hasil alih fungsi SMA Negeri 12 ke SMK Negeri 12 Malang (3) mendeskripsikan perubahan Standard Operating Procedure (SOP) hasil alih fungsi SMA Negeri 12 ke SMK Negeri 12 Malang (4) mendeskripsikan perubahan kebutuhan ruang belajar hasil alih fungsi SMA Negeri 12 ke SMK Negeri 12 Malang (5) mendeskripsikan perubahan tenaga pendidik dan kependidikan hasil alih fungsi SMA Negeri 12 ke SMK Negeri 12 Malang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang menafsirkan dan menjelaskan suatu fenomena/peristiwa sosial di masyarakat secara ilmiah sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian terapan. Dalam penelitian ini peneliti sendirilah yang berperan sebagai instrumen kunci dengan subjek penelitian adalah waka kurikulum waka sumber daya manusia/wakil manajemen waka sarana dan prasarana waka kesiswaan dan waka hubungan masyarakat. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informasi yang disampaikan oleh subjek penelitian pada saat wawancara dan dokumen yang berkaitan dengan perubahan organisasional di SMK Negeri 12 Malang. Setelah data tersebut diperoleh kemudian dilakukan pengecekan keabsahan data dengan metode trianggulasi. ii Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa (1) Perubahan alih fungsi SMA Negeri 12 ke SMK Negeri 12 Malang dilaksanakan berdasarkan kebijakan pemerintah Kota Malang melalui Surat Keterangan Nomor 46 Tahun 2007. Kebijakan pemerintah Kota Malang ini didasarkan pada harapan dari pemerintah pusat terjadinya pertumbuhan SMK di seluruh wilayah Indonesia dengan mencapai perbandingan siswa SMK 67 SMA 33 pada 2014 (2) Perubahan struktur organisasi ini bersifat pengembangan karena bagian-bagian yang lama seperti waka sarana prasarana waka kurikulum waka hubungan masyarakat dan waka kesiswaan tetap ada. Proses pengembangan dilakukan dengan analisis kebutuhan pada tahap awal kemudian pelaksanaannya menambahkan bagian-bagian yang kurang dan menentukan personal yang menduduki bagian yang ada sesuai dengan kompetensinya. Karena ada beberapa bagian yang mewakili kompetensi produktif maka sekolah melakukan perekrutan pegawai baru dan proses yang sampai saat ini masih berlangsung adalah evaluasi yang dilakukan untuk melihat kinerja dan tercapainya sasaran mutu tiap bagian. Evaluasi tersebut dilakukan satu tahun sekali (3) Perubahan SOP dilakukan jika memang ada kebutuhan. Perubahan SOP dilakukan oleh masing-masing bagian yang terkait dengan melalui beberapa tahapan. Tahapan perubahan SOP diawali dengan menganalisis permasalahan yang didapat dari hasil evaluasi dan menemukan penyelesainnya kemudian SOP kembali disusun setelah itu SOP diajukan pada wakil manajemen dan kepala sekolah (4) kebutuhan ruang belajar juga mengalami perubahan dikarenakan kebutuhan ruang belajar tiap jenis satuan pendidikan berbeda. Upaya yang dilakukan untuk memenuhinya dilakukan secara bertahap dengan menambah beberapa laboratorium lengkap dengan peralatannya. Dana diperoleh dari bantuan pemerintah dan komite sekolah (5) perubahan yang terjadi pada tenaga pendidik dan kependidikan lebih dirasakan pada bertambahnya keterampilan dan pengetahuan tentang menajemen SMK dan dengan berjalannya waktu perubahan harapan dirasakan sejalan dengan perubahan tujuan organisasi. Berdasarkan kesimpulan atau hasil temuan penelitian berikut ini dikemukakan saran bagi pihak terkait yaitu (1) Kepala Dinas Kota Malang untuk terus melakukan evaluasi serta memberikan bantuan agar pengembangan sekolah dapat berjalan dengan baik (2) Kepala Sekolah/Guru SMK Negeri 12 Malang disarankan untuk terus memberikan motivasi serta masukan atau kritik yang membangun agar para pegawai sekolah dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuannya dalam mengembangkan sekolah dan mencapai sasaran mutu sekolah (3) Ketua jurusan para pengajar dan mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Lebih mengkaji tentang manajemen perubahan organisasional sehingga dapat menambah referensi untuk matakuliah Manajemen Perubahan dan Organisasi Pendidikan dan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran dengan melihat perbandingan antara teori yang telah diperoleh dari perkuliahan dengan kenyataan yang ada di lapangan berkaitan dengan perubahan organisasional (4) Peneliti lain agar dapat melanjutkan penelitian dan menyempurnakan hasil penelitian sehingga dapat bermanfaat demi peningkatan kualitas pendidikan dan disarankan bagi peneliti lain agar dapat meneliti penelitian yang sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3454

Actions (login required)

View Item View Item