Prapanca, Yudha Surya (2012) Pengaruh praktik pengalaman lapangan (PPL) keguruan dan nilai matakuliah kependidikan terhadap penguatan minat menjadi guru mahasiswa pendidikan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Yudha Surya Prapanca. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci PPL keguruan nilai matakuliah kependidikan penguatan minat menjadi guru Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Keguruan merupakan suatu program dari Universitas Negeri Malang yang memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan profesional keguruan. Dengan adanya program tersebut diharapkan lulusan FE UM khususnya prodi pendidikan akuntansi dapat menerapkan pengetahuan keterampilan sikap dan pada akhirnya akan mendapatkan pengalaman mengajar sebelum mereka benar-benar menjadi guru. Bukan hanya dalam hal penguasaan materi saja seorang mahasiswa praktikan PPL Keguruan juga harus menguasai kemampuan mengajar yang telah dipelajari di perkuliahan pada matakuliah kependidikan. Matakuliah kependidikan merupakan matakuliah yang mempunyai kajian dan pelajaran yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan seseorang untuk berprofesi pada bidang kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh PPL keguruan terhadap penguatan minat menjadi guru mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang (2) pengaruh nilai matakuliah kependidikan terhadap penguatan minat menjadi guru mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang (3) pengaruh PPL keguruan dan nilai matakuliah kependidikan terhadap penguatan minat menjadi guru mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian jenis penelitian eksplanasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 responden berasal dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang Angkatan 2008. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan kuesioner Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif analisis statistik inferensial dengan analisis regresi linear berganda uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan uji t dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan secara parsial PPL keguruan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penguatan minat menjadi guru. Nilai matakuliah kependidikan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap penguatan minat menjadi guru. Sedangkan secara simultan PPL keguruan dan nilai matakuliah kependidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penguatan minat menjadi guru. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data untuk variabel PPL keguruan dan penguatan minat menjadi guru hanya dilakukan dengan penyebaran angket populasi hanya berasal dari mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Malang PPL keguruan dan nilai matakuliah kependidikan hanya berkontribusi 30 7 % sedang sisanya dipengaruhi faktor lain. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini adalah (1) Bagi Mahasiswa diharapkan agar mahasiswa jurusan kependidikan untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan PPL keguruan serta dalam menempuh mata kuliah kependidikan. (2) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya peneliti selanjutnya menambah teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34536 |
Actions (login required)
View Item |