Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe student team achivement division (stad) berbasis multimedia terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akutansi / Titik Purwaningsih

Purwaningsih, Titik (2012) Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe student team achivement division (stad) berbasis multimedia terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akutansi / Titik Purwaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperative Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Berbasis Multimedia, Hasil Belajar. Hasil belajar siswa ditentukan oleh berbagai faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor tersebut adalah tersedianya media pembelajaran yang dapat memberikan kemudahan bagi siswa untuk mempelajari materi pembelajaran. Selain itu faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah pemilihan strategi pembelajaran, dalam proses pembelajaran pemanfaatan media dan pemilihan strategi pembelajaran secara sinergi dilakukan oleh guru untuk mencapai hasil belajar yang lebih maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) berbasis multimedia terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment Desaign . Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang, pemilihan sampel dilakukan secara random, kelas XI IPS 1 dijadikan kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional berbasis multimedia, sedangkan kelas XI IPS 4 dijadikan kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran STAD berbasis multimedia. Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan soal pretest dan posttest yang berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar (gainscore) kelas kontrol sebesar 11.11 dan untuk kelas eksperimen sebesar 13.15. Melalui pengujian hipotesis dengan teknik Mann Whitney U Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.137 yang lebih besar dari 0.05 taraf kesalahan yang bisa diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas kontrol dengan hasil belajar kelas eksperimen dan hasil penelitian ini tidak mendukung argumen atau teori pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah guru seyogyanya memahami karakteristik dan kemampuan anak didiknya untuk menentukan pemilihan strategi yang tepat ketika media sudah tersedia, dan untuk penelitian berikutnya yang ingin melanjutkan penelitian ini disarankan untuk menambah variabel lain selain hasil belajar misalnya motif belajar siswa, kebiasaan belajar, atau dengan menambah variabel interventing antara lain motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34535

Actions (login required)

View Item View Item