Pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akutansi kelas XI sosial SMA Negeri 4 Malang / Undari Aprilia Daniarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akutansi kelas XI sosial SMA Negeri 4 Malang / Undari Aprilia Daniarti

Daniarti, Undari Aprilia (2012) Pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akutansi kelas XI sosial SMA Negeri 4 Malang / Undari Aprilia Daniarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Variasi Mengajar Motivasi Belajar Siswa Prestasi Belajar Prestasi belajar siswa sampai saat ini masih merupakan indikator mutu pendidikan sekolah. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah faktor lingkungan sekolah yaitu variasi guru ketika mengajar. Variasi guru ketika mengajar dan motivasi belajar siswa adalah unsur yang mempengaruhi prestasi belajar. Jika variasi mengajar dan motivasi baik maka dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara persepsi siswa tentang variasi mengajar dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI sosial SMAN 4 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif menggunakan analisis regresi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII sosial SMA Negeri 4 Malang dengan jumlah 68 siswa. Data diperoleh dengan menyebar angket dan dokumentasi berupa nilai ulangan harian akhir semester genap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)tidak terdapat pengaruh langsung antara persepsi siswa tentang variasi mengajar terhadap prestasi belajar 2) tidak terdapat pengaruh langsung motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar 3) tidak terdapat pengaruh langsung persepsi siswa tentang variasi mengajar dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan agar (a) pihak sekolah khususnya kepala sekolah hendaknya dapat mengikutkan dan menghimbau para guru untuk mengikuti diklat pendidikan atau workshop untuk menambah wawasan dan kemampuan mengajar (b) Guru hendaknya melakukan pendekatan personal terhadap siswa maka secara tidak langsung dapat membuat siswa lebih termotivasi (c) Para guru hendaknya memiliki kesadaran untuk mengikuti diklat pendidikan workshop atau perkumpulan sesama guru sesuai dengan jurusan masing-masing yang disebut Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sebagai upaya memperluas jaringan dan kerjasama antarsekolah agar siswa memiliki persepsi yang posistif sehingga dapat lebih termotivasi dalam belajar (d) Siswa SMA Negeri 4 Malang diharapkan sebisa mungkin meningkatkan motivasi belajarnya serta selalu tekun dalam belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34532

Actions (login required)

View Item View Item