Pengaruh penggunaan media audiovisual dengan komik animasi terhadap hasil belajar siswa (studi pada mata pelajaran akutansi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Trenggalek) / Nora Yuniar Setyaputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media audiovisual dengan komik animasi terhadap hasil belajar siswa (studi pada mata pelajaran akutansi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Trenggalek) / Nora Yuniar Setyaputri

Setyaputri, Nora Yuniar (2012) Pengaruh penggunaan media audiovisual dengan komik animasi terhadap hasil belajar siswa (studi pada mata pelajaran akutansi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Trenggalek) / Nora Yuniar Setyaputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Audiovisual Komik Animasi Hasil Belajar. Hasil belajar siswa ditentukan oleh berbagai faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor tersebut adalah tersedianya media pembelajaran yang dapat memberikan kemudahan bagi siswa untuk mempelajari materi pembelajaran dan dapat memahami konsep dari materi pembelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penggunaan media audiovisual dengan komik animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi dan untuk mengetahui sikap siswa terhadap media audiovisual dengan komik animasi tersebut. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Desaign . Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trenggalek pemilihan sampel dilakukan secara purposive kelas XI IPS 1 dijadikan kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan media audiovisual dengan komik animasi sedangkan kelas XI IPS 3 dijadikan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan yaitu diajar menggunakan media audiovisual tanpa komik animasi. Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan soal pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda dan uraian. Sedangkan untuk mengukur sikap siswa terhadap media audiovisual dengan komik animasi digunakan kuesioner dan observasi Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar (gainscore) kelas kontrol sebesar 29.20 dan untuk kelas eksperimen sebesar 44.40. Melalui pengujian hipotesis dengan uji t independent sample diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.001 yang lebih kecil dari 0.05 taraf kesalahan yang bisa diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas kontrol dengan hasil belajar kelas eksperimen dan hasil penelitian ini mendukung argumen atau teori mengenai media audiovisual dengan komik animasi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah guru seyogyanya menggunakan media audiovisual dengan komik animasi supaya kegiatan belajar mengajar tidak membosankan dan untuk penelitian berikutnya yang ingin melanjutkan penelitian ini disarankan untuk menambah pengukuran untuk kemampuan psikomotor bukan hanya kemampuan kognitif dan afektif saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34531

Actions (login required)

View Item View Item