Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dengan media webquest terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang / Arief Setyo Laksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dengan media webquest terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang / Arief Setyo Laksono

Laksono, Arief Setyo (2012) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dengan media webquest terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang / Arief Setyo Laksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran kooperatif model TGT media WebQuest dan prestasi belajar. Pemilihan media pembelajaran sangat menentukan kualitas pengajaran dalam proses belajar mengajar untuk mencapai kualitas pengajaran yang tinggi setiap mata pelajaran khususnya akuntansi harus diorganisasikan dengan media yang menarik. Salah satu media yang akan digunakan agar model TGT dapat lebih baik adalah dengan menambahkan media WebQuest. Model pembelajaran TGT dengan media WebQuest siswa tidak hanya dapat bekerja sama dan menyumbangkan pikirannya dalam kelompok tetapi WebQuest menyediakan cara praktis bagi siswa untuk mendapatkan informasi isu isu perdebatan dan pemecahan masalah di dunia maya. Penelitian ini bertujuan untuk mencari perbedaan prestasi belajar akuntansi siswa pada model pembelajaran TGT dengan media WebQuest dan model pembelajaran TGT tanpa media WebQuest. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 9 Malang. Adapun subjek yang diteliti pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI IPS 3 yang berjumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal post test prestasi belajar siswa. instrumen ini diberikan baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Berdasarkan hasil Uji U Mann Withney pada variabel prestasi belajar menunjukkan nilai signifikansi 0 000 0 05 yang berarti ada perbedaan signifikan prestasi belajar siswa antara model pembelajaran TGT dengan media WebQuest dan TGT tanpa media WebQuest. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model TGT dengan media WebQuest dapat lebih meningkatkan prestasi belajar siswa daripada pembelajaran model TGT tanpa media WebQuest . Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Bagi peneliti lain dapat meneliti pembelajaran model TGT dengan media WebQuest lebih dari satu pokok bahasan dengan menambah waktu penelitian sehingga dapat mengetahui keefektivitasan penggunaan model TGT dengan media WebQuest terhadap keberhasilan pengajaran. (2) Sebelum menggunakan media WebQuest sebaiknya sekolah menyediakan jaringan internet. Dengan demikian siswa dapat mengakses internet di dalam kelas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34527

Actions (login required)

View Item View Item