Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah, internet, dan minat baca terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Malang / Amrina Rosada - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah, internet, dan minat baca terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Malang / Amrina Rosada

Rosada, Amrina (2012) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah, internet, dan minat baca terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Malang / Amrina Rosada. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Internet Minat Baca Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Belajar mengajar sebagai suatu proses yang tidak lepas dari komponen lainnya yang saling interaksi di dalamnya.salah satu komponen dalam proses tersebut adalah fasilitas belajar. Fasilitas belajar yang disediakan di sekolah antara lain perpustakaan dan internet. Penggunaan fasilitas dan minat baca tersebut akan memberikan suatu dampak bagi tumbuhnya motivasi siswa untuk lebih giat belajar dan menjadi siswa yang berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh langsung pemanfaatan perpustakaan sekolah internet dan minat baca terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMAN 10 Malang (2) pengaruh langsung pemanfaatan perpustakaan sekolah internet minat baca dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMAN 10 Malang (3) pengaruh tidak langsung pemanfaatan perpustakaan sekolah internet dan minat baca terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMAN 10 Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanasi (explanatory research) yaitu penelitian yang dilakukan untuk menguji hubungan antara variabel bebas dan terikat dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 10 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan perpustakaan sekolah internet dan minat baca berpengaruh langsung secara positif terhadap motivasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMAN 10 Malang (2) pemanfaatan perpustakaan sekolah internet minat baca dan motivasi belajar berpengaruh langsung secara positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMAN 10 Malang (3) pemanfaatan perpustakaan sekolah internet dan minat baca berpengaruh tidak langsung secara positif terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMAN 10 Malang . Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang dapat diberikan (1) kepala sekolah dan guru hendaknya lebih memotivasi dan memberikan kenyamanan pada fasilitas-fasilitas sekolah (2) Siswa hendaknya dapat memanfaatkan dan memelihara fasilitas sekolah yang sudah disediakan (3) Peneliti selanjutnya sebaiknya mengembangkan variabel-variabel serta memperluas populasi dan menggunakan teknik pengumpulan data yang lebih bervariasi agar hasil penelitian lebih akurat dan objektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34526

Actions (login required)

View Item View Item