Perbedaan prestasi belajar siswa dengan media visual dan media non visual pada siswa di SMA Negeri 2 Pasuruan / Kurnia Rizka Adkhadiah

Adkhadiah, Kurnia Rizka (2012) Perbedaan prestasi belajar siswa dengan media visual dan media non visual pada siswa di SMA Negeri 2 Pasuruan / Kurnia Rizka Adkhadiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Prestasi Belajar Siswa, Media Visual dan Media Non Visual Media pembelajaran adalah alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal. Dalam kegiatan belajar mengajar, gaya belajar siswa adalah salah satu faktor yang mempengaruhi media mengajar yang akan digunakan guru di dalam kelas dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar siswa dengan media visual dan media non visual. Ada 2 hal yang dideskripsikan dalam penelitian ini yaitu: (1) media mengajar guru akuntansi dan (2) prestasi belajar siswa. Media mengajar guru akuntansi merupakan perantara untuk menyampaikan materi pelajaran. Sedangkan prestasi belajar merupakan penilaian hasil usaha kegiatan belajar yang pada umumnya berkenaan dengan aspek pengetahuan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pasuruan. Adapun subjek yang diteliti pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 38 orang sebagai kelompok eksperimen yang diajar menggunakan media visual dan siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 38 orang sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan menggunakan media non visual. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, lembar observasi guru dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pretasi belajar siswa dengan media visual dan media non visual. Dari kesimpulan tersebut dapat disarankan agar guru menyesuaikan media pembelajaran yang akan digunakan sesuai dengan gaya belajar siswa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34523

Actions (login required)

View Item View Item