Widyati, Mega Anastasia (2012) Pengaruh persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa akuntansi SMK Ardjuna 2 Malang / Mega Anastasi Widyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Persepsi Siswa tentang Fasilitas Belajar di Sekolah dan Motivasi Belajar Prestasi Belajar Siswa Pendidikan merupakan sesuatu yang penting dan dianggap paling utama dalam kehidupan manusia dan dapat memberi bekal hidup kepada peserta didik serta memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebagai tempat proses belajar mengajar sekolah harus menyediakan fasilitas belajar di sekolah yang menunjang berlangsungnya proses belajar tersebut. Fasilitas belajar yang lengkap dapat memunculkan motivasi dalam melakukan aktivitas belajar yang pada akhirnya akan menentukan keberhasilan belajar siswa sehingga dapat dikatakan bahwa keberhasilan belajar siswa tidak hanya ditentukan fasilitas belajar yang lengkap tetapi juga motivasi belajar yang besar dari siswa itu sendiri. Berdasarkan paparan di atas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa akuntansi SMK Ardjuna 2 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa akuntansi (2) Pengaruh persepsi siswa tentang motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yang dilaksanakan di SMK Ardjuna 2 Malang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa akuntansi kelas XI dan XII SMK Ardjuna 2 Malang yang berjumlah 36 siswa. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Variabel dalam penelitian ini meliputi pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah (X1) motivasi belajar (X2) dan prestasi belajar (Y). Dari hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif antara persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa akuntansi. (2) Terdapat pengaruh positif antara persepsi siswa tentang motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa akuntansi. Saran dalam penelitian ini adalah (1) Pihak sekolah hendaknya meningkatkan fasilitas belajar di sekolah. (2) guru hendaknya memberikan bimbingan dan motivasi kepada anak didiknya agar lebih memanfaatkan fasilitas belajar yang tersedia di sekolah. (3) Siswa hendaknya dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia di sekolah dan meningkatkan motivasi belajarnya. (3) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya mengkaji faktor-faktor lain yang berpengaruh dengan prestasi belajar yang belum diungkap dan dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Mar 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34522 |
Actions (login required)
View Item |