Ufuq, Amie Tanirul (2012) Hubungan sistem pembelajaran inklusi dan kepuasan wali murid berkebutuhan khusus di SD Inklusi se-kecamatan Sukun Kota Malang / Amie Tanirul Ufuq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci sistem pembelajaran inklusi kepuasan wali murid Persamaan hak belajar bagi setiap warga negara semakin membuka peluang bagi anak berkebutuhan khusus untuk dapat belajar bersama siswa reguler di suatu sekolah inklusi dimana selama ini anak berkebutuhan khusus hanya dapat belajar di Sekolah Luar Biasa (SLB). Pengelolaan sekolah inklusi yang lebih rumit dibandingkan dengan sekolah biasa menuntut guru untuk lebih terampil dalam mengelola pembelajaran di kelas. Seluruh komponen sistem pembelajaran yang meliputi siswa tujuan pembelajaran inklusi metode pembelajaran inklusi media pembelajaran strategi pembelajaran inklusi evaluasi serta umpan balik perlu dikelola dan dipadukan dengan baik agar terwujud sistem pembelajaran yang baik pula. Melalui sistem pembelajaran yang baik diharapkan siswa dapat merasa puas akan sistem pembelajaran yang diterimanya. Kepuasan tersebut akan berdampak pada minat siswa untuk belajar. Semakin tinggi minat belajar siswa semakin terwadahi harapan siswa serta semakin tingginya prestasi siswa baik yang bersifat akademik maupun non akademik akhirnya akan membuat wali murid merasa puas dengan pembelajaran yang diberikan oleh sekolah. Kepuasan yang dirasakan wali murid tergantung persepsi wali murid terhadap harapan dan kualitas sistem pembelajaran yang diberikan oleh sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yaitu (1) seberapa efektif sistem sistem pembelajaran inklusi yang diberikan oleh sekolah (2) seberapa tinggi kepuasan wali murid berkebutuhan khusus terhadap sistem pembelajaran inklusi yang diberikan oleh sekolah dan (3) adakah hubungan antara sistem pembelajaran inklusi dan kepuasan wali murid berkebutuhan khusus di SD inklusi se-Kecamatan Sukun Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif korelasional. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh wali murid siswa berkebutuhan khusus di SD inklusi se-Kecamatan Sukun Kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik area sampling dengan jumlah responden sebanyak 40 orang. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara sistem pembelajaran inklusi dan kepuasan wali murid siswa berkebutuhan khusus di SD inklusi se-Kecamatan Sukun Kota Malang. Hal ini terbukti dari analisis product moment diperoleh harga r_hitung sebesar 0 691 dengan harga r_tabel pada taraf signifikasi 0 05 atau 5% dengan N 40 responden yaitu sebesar 0 312. Dengan demikian diketahui bahwa r_hitung lebih besar dari r_tabel yaitu 0 691 0 312 atau sig.2 tailed hitung 0 000 0 05. Berdasarkan analisis data tersebut berarti ada hubungan yang kuat dan signifikan antara sistem pembelajaran inklusi dan kepuasan wali murid berkebutuhan khusus di SD inklusi se-Kecamatan Sukun Kota Malang. Tingkat keeratan antara kualitas sistem pembelajaran dengan kepuasan siswa yaitu sebesar 69 1% dan 30 9% sisanya dipengarui oleh hal-hal lain. Kesimpulan yang diperoleh adalah (1) sistem pembelajaran inklusi di SD inklusi se-Kecamatan Sukun Kota Malang termasuk pada kualifikasi efektif (2) kepuasan wali murid berkebutuhan khusus di SD inklusi se-Kecamatan Sukun Kota Malang termasuk pada kualifikasi tinggi (3) terdapat hubungan yang signifikan antara sistem pembelajaran inklusi dan kepuasan wali murid berkebutuhan khusus di SD inklusi se-Kecamatan Sukun Kota Malang. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini diantaranya bagi (1) bagi kepala sekolah di SD inklusi seyogyanya dapat mengorganisir peran guru dan seluruh staf sekolah untuk meningkatkan pelayanan pendidikan yang diberikan oleh sekolah khususnya pembelajaran inklusi sehingga wali murid merasa puas dengan pelayanan pendidikan yang diberikan (2) bagi tenaga pengajar di SD inklusi seyogyanya guru kelas GPK shadow teacher dan seluruh staf dapat meningkatkan pelayanan pendidikan khususnya pembelajaran inklusi agar terwujud lingkungan yang kondusif dalam pembelajaran sehinggga seluruh siswa khususnya siswa berkebutuhan khusus dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki (3) bagi mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan seyogyanya memperdalam pengetahuan tentang pendidikan inklusi dan mendukung penyelenggaraan pendidikan inklusi di sekolah melalui seminar atau talkshow manajemen pendidikan inklusi (4) bagi peneliti lain seyogyanya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan bandingan apabila diadakan penelitian pada variabel dan subjek lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3452 |
Actions (login required)
View Item |