Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan identitas bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo) / Umi Rahma Dhany - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan identitas bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo) / Umi Rahma Dhany

Dhany, Umi Rahma (2012) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan identitas bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo) / Umi Rahma Dhany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kompetensi Profesional Intensitas Bimbingan Belajar oleh Orang Tua Prestasi Belajar Siswa Keberhasilan pembelajaran ditunjukkan dengan meningkatnya prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya yaitu kompetensi profesional guru dan intensitas bimbingan belajar oleh orang tua. Apabila seorang guru mengajar dengan baik dan dapat menguasai bahan pengajaran maka akan menimbulkan persepsi siswa yang baik pula. Hal ini akan membuat siswa bersemangat dalam menerima pelajaran. Bimbingan belajar yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya juga akan membantu anak tersebut siap menerima pelajaran di sekolah sehingga akan berpengaruh terhadap prestasi belajarnya. Penelitian kali ini akan mengkaji mengenai pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional dan intensitas bimbingan belajar oleh orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1. Adanya pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar 2. Adanya pengaruh persepsi siswa tentang intensitas bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar dan 3. Adanya pengaruh yang lebih dominan antara kompetensi profesional guru dan intesitas bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMKN 1 Kraksaan Probolinggo tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah 74 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi dengan dengan metode pengambilan sampel secara keseluruhan dari jumlah populasi. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi yang dianalisis melalui regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0 620 (2) Terdapat pengaruh positif antara intensitas bimbingan belajar ornag tua terhadap prestasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0 211 dan (3) Kompetensi profesional guru mempunyai pengaruh yang dominan terhadap prestasi belajar siswa sebesar 44 02%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34518

Actions (login required)

View Item View Item