Sari, Media Lestika (2012) Pengaruh motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang metode mengajar dosen terhadap prestasi akademik mahasiswa jurusan S1 Akuntansi Falkultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Media Lestika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Motivasi Belajar Metode Mengajar Dosen Prestasi Akademik Keberhasilan belajar mahasiswa dapat ditentukan oleh motivasi belajar yang dimilikinya (Sanjaya 2008 249) dan metode mengajar dapat mempengaruhi keberhasilan belajar mahasiswa (Slameto 2003 65). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang metode mengajar dosen terhadap prestasi akademik mahasiswa jurusan S1 akuntansi angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan S1 akuntansi angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Seluruh sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 mahasiswa. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan angket untuk variabel motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang metode mengajar dosen serta dokumentasi untuk prestasi akademik berupa Indeks Prestasi matakuliah pengantar akuntansi I dan pengantar akuntansi II. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan motivasi belajar terhadap prestasi akademik dengan tingkat signifikansi sebesar 0 028 t tabel sebesar 2 001 dan tidak terdapat pengaruh persepsi mahasiswa tentang metode mengajar dosen terhadap prestasi akademik mahasiswa jurusan S1 akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan beberapa hal diantaranya adalah (1) Mahasiswadiharapkan lebih meningkatkan motivasi belajarnya karena motivasi belajar dapat menumbuhkan semangat belajar akuntansi sehingga prestasi belajar akuntansi akan terus meningkat (2) Dosen dalam mengajar diharapkan menggunakan metode mengajar yang menarik dan bervariasi agar mahasiswa tidak merasa bosan dan selalu memberikandukungan dan motivasi kepada mahasiswa agar lebih bersemangat dan memiliki antusias yang tinggi dalam belajar akuntansi (3) Penelitian selanjutnaya diharapkan menambah variabel selain variabel motivasi dan persepsi mahasiswa tentang metode mengajar dosen selain variabel yang telah diteliti yaitu kebiasaan belajar intelektual skill fasilitas belajar mahasiswa dan memperluas populasi penelitian tidak terbatas pada angkatan 2009.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34516 |
Actions (login required)
View Item |