Pengaruh self efficacy, status ekonomi orang tua, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi SI Pendidikan Akuntansi angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Septim Martina Habibie - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh self efficacy, status ekonomi orang tua, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi SI Pendidikan Akuntansi angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Septim Martina Habibie

Habibie, Septim Martina (2012) Pengaruh self efficacy, status ekonomi orang tua, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi SI Pendidikan Akuntansi angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Septim Martina Habibie. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Self Efficacy Status Ekonomi Orang Tua Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Belajar di perguruan tinggi merupakan pilihan strategis untuk mencapai tujuan individual bagi yang menyatakan diri untuk belajar melalui jalur formal. Orang-orang yang belajar di perguruan tinggi dituntut untuk tidak hanya mempunyai kemampuan kognitif tetapi juga harus mempunyai self efficacy yang merupakan bagian dari sikap (attitude) dan motivasi yang kuat untuk bisa mencapai prestasi belajar yang diinginkan. Kemampuan ekonomi orang tua juga sangat menentukan keberhasilan dalam belajar. Mahasiswa harus benar-benar bisa memanfaatkan kesempatan yang diberikan untuk dapat menjadi mahasiswa yang berkualitas karena pendidikan di perguruan tinggi membutuhkan biaya yang cukup banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel self efficacy status ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian menggunakan populasi mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yaitu sebanyak 70 mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif sedangkan data primer berupa hasil angket untuk variabel self efficacy status ekonomi orang tua dan motivasi belajar sedangkan data sekunder berupa IPK mahasiswa. Teknik analisis adalah analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa self efficacy status ekonomi orang tua dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Dari hasil penelitian juga dapat diketahui bahwa variabel self efficacy mempunyai pengaruh dominan terhadap prestasi belajar. Bagi mahasiswa disarankan dapat menumbuhkan semangat untuk belajar meskipun memiliki status sosial ekonomi yang rendah karena hal itu tidak bisa dijadikan patokan orang tua yang memiliki status sosial ekonomi yang rendah prestasinya juga akan rendah dan sebaliknya. Mahasiswa juga diharapkan dapat menumbuhkan semangat melalui motivasi mereka belajar dan memupuk self efficacy untuk menjadi lebih tinggi. Bagi pendidik diharapkan mampu menumbuhkan self efficacy mahasiswa serta motivasi belajar para mahasiswa karena peranan pendidik dalam proses pembelajaran sangat penting sehingga prestasi belajar akan maksimal. Bagi peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel-variabel di luar penelitian ini yang bisa untuk menentukan faktor-faktor yang bisa mempengaruhi prestasi belajar yang bersifat internal (kecerdasan interpersonal kecerdasan intrapersonal bakat) atau faktor eksternal (perhatian orang tua sosial budaya dan kegiatan ekstrakurikuler)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34515

Actions (login required)

View Item View Item