Persepsi siswa terhadap pengembangan video tutorial untuk menunjang pembelajaran pada materi jurnal umum dan buku besar perusahaan jasa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMAN 1 Tenggarang Kabupaten Bondowoso / Agung Bakti Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa terhadap pengembangan video tutorial untuk menunjang pembelajaran pada materi jurnal umum dan buku besar perusahaan jasa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMAN 1 Tenggarang Kabupaten Bondowoso / Agung Bakti Saputra

Saputra, Agung Bakti (2011) Persepsi siswa terhadap pengembangan video tutorial untuk menunjang pembelajaran pada materi jurnal umum dan buku besar perusahaan jasa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMAN 1 Tenggarang Kabupaten Bondowoso / Agung Bakti Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci persepsi pengembangan media video tutorial jurnal umum dan buku besar akuntansi SMA. Pengembangan video tutorial memiliki potensi yang besar untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran. Seringkali siswa mengalami kesulitan memahami materi siklus akuntansi karena siswa harus mengerjakan soal ke dalam tahapan-tahapan dalam siklus akuntansi. Hal ini yang mendasari pengembang untuk mengembangkan video tutorial untuk menunjang pembelajaran siklus akuntansi jurnal umum dan buku besar. Dengan media ini siswa dapat melihat langsung cara menyelesaikan soal dengan tahapan penyelesaian dalam bentuk video. Tujuan penelitian adalah (a) Mengetahui proses pengembangan video tutorial untuk menunjang pembelajaran siklus akuntansi jurnal umum dan buku besar (b) Mengetahui persepsi siswa terhadap pengembangan video tutorial untuk menunjang pembelajaran siklus akuntansi jurnal umum dan buku besar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Deskripsi variabel minat belajar diperoleh melalui angket kemudian data diolah menjadi data distribusi frekuensi untuk variabel minat belajar selanjutnya dapat kita ketahui jumlah dan siswa persentase siswa yang minat belajarnya tergolong sangat baik baik kurang baik dan tidak baik. Untuk menguji kelayakan media dilakukan proses validasi oleh ahli media dan ahli materi sebagai penguji ahli. Media yang dihasilkan adalah berupa DVD video tutorial. DVD tersebut menampilkan materi proses pembuatan jurnal umum dan posting ke dalam buku besar akuntansi perusahaan jasa. File video dipisah menurut sub materi agar dapat dipilih video yang hendak dimainkan. Jumlah transaksi terdiri atas 13 item yang dapat mempengaruhi berbagai jenis akun. Berdasarkan hasil analisis angket yang diberikan pada 20 siswa SMAN 1 Tenggarang setelah mereka menyaksikan video tutorial diketahui 70 % siswa memiliki minat yang sangat baik dan 30 % siswa memiliki minat yang baik setelah mereka menyaksikan video tutorial. Dapat disimpulkan penggunaan media video tutorial untuk menunjang pembelajaran jurnal umum dan buku besar perusahaan jara mata pelajaran akuntansi SMA dapat meningkatkan minat belajar siswa SMAN 1 Tenggarang. Disarankan media video tutorial untuk menunjang pembelajaran jurnal umum dan buku besar perusahaan jara mata pelajaran akuntansi SMA dapat dijadikan sebagai salah satu media dan model pembelajaran akuntansi bagi siswa di sekolah dan untuk belajar mandiri di rumah. Untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan materi berikutnya serta mengambangkan produk penunjang pembelajaran akuntansi berupa media yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34511

Actions (login required)

View Item View Item