Pemanfaatan sumber belajar berbasis internet bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitan Negeri Malang / Musthofa Achmad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan sumber belajar berbasis internet bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitan Negeri Malang / Musthofa Achmad

Achmad, Musthofa (2012) Pemanfaatan sumber belajar berbasis internet bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitan Negeri Malang / Musthofa Achmad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Sumber Belajar Internet Mahasiswa Pelaksanaan pendidikan agar berjalan dengan lancar dibutuhkan unsurunsur yang saling mendukung. Unsur tersebut tidak hanya mencakup guru peserta didik kurikulum namun dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai. Salah satunya adalah ketersediaan sumber belajar. Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu perguruan tinggi yang melahirkan pendidik atau guru di Jawa Timur. Untuk mendukung kegiatan perkuliahan UM berusaha memberikan pelayanan yang optimal kepada mahasiswa dosen maupun karyawan. Salah satu wujud realnya adalah keberadaan perpustakaan laboratorium di tiap fakultas hingga hotspot. Seiring berkembangnya waktu semua orang membutuhkan segala sesuatu dengan mudah dan cepat. Begitu pula dengan pencarian sumber belajar dalam mendukung perkuliahan. Namun dalam kenyataannya sumber belajar yang tersedia di perpustakaan maupun laboratorium masih sangat terbatas. Selain itu dalam mencari buku di rak membutuhkan waktu lama jumlah peminjaman yang dibatasi bahkan buku yang dicari tidak ada. Hal ini membuat pengguna terganggu dalam proses belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan sumber belajar berbasis internet bagi mahasiswa FIP yang mencakup sarana yang dimiliki mahasiswa FIP search engine yang digunakan mahasiswa dalam mencari sumber belajar tingkat manfaat internet dalam kegiatan belajar mahasiswa FIP intensitas waktu yang digunakan dalam pemanfaatkan internet dan biaya yang dikeluarkan mahasiswa dalam pemanfaatan internet. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik sampling menggunakan Proportional Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Objek penelitian ini adalah mahasiswa FIP UM angkatan 2007 2008 2009 2010 dan 2011. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 4398 orang. Dengan menggunakan Formula Slovin diperoleh sampel sebanyak 364 responden. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (a) Sebesar 92 58% mahasiswa FIP memiliki sarana penunjang internet (b) 87 64% mahasiswa menggunakan google untuk searching sumber belajar (c) Tingkat manfaat internet diperoleh 32 6% meningkatkan motivasi 40 3% meningkatkan prestasi dan 46 15% menambah wawasan (d) Kendala dalam mencari sumber belajar berbasis internet adalah bahasa asing content tidak sesuai dan web rusak/sedang diperbaiki (e) Sebanyak 66 2% mahasiswa membutuhkan waktu 2-3 jam untuk sekali online dan 43 4% menjawab 2-3 kali dalam seminggu mengunjungi internet dan (f) Sebanyak 43 13% mahasiswa mengeluarkan biaya Rp 5000-10.000/minggu untuk online di luar kampus dan 36 81% mengeluarkan biaya biaya Rp 10.000-15.000/minggu untuk membeli pulsa modem. Implikasi hasil penelitian ini adalah (1) Perlu menyediakan fasilitas hotspot dengan bandwith yang tinggi agar fasilitas pendukung internet dapat digunakan dengan optimal untuk memacu motivasi dan prestasi belajar mahasiswa serta memperluas cakrawala berpikir mahasiswa (2) Perlu dibuka program pelatihan bahasa asing pada masing-masing jurusan dalam rangka membantu mahasiswa memahami content-content berbahasa asing dan (3) Perlu adanya sistem perkulaiahan online pada masing-masing jurusan agar proses belajar-mengajar tidak hanya terbatas oleh ruang dan waktu. Saran penelitian ini tertuju bagi (1) Ketua Jurusan di FIP UM hendaknya menyediakan sarana wifi pada masing-masing jurusan sebagai media belajarmengajar dan memaksimalkan sarana laboratorium bahasa membimbing mahasiswa dalam memahami bahasa asing (2) Dosen FIP UM hendaknya dalam proses perkuliahan dosen mampu mengkombinasikan teori dari buku dengan informasi dari internet dalam proses perkuliahan dosen mampu berkomunikasi secara bilingual (3) Personalia FIP UM hendaknnya personalia menyediakan layanan hospot dengan bandwith yang lebih tinggi (4) Bagi Mahasiswa FIP UM hendaknya mampu memaksimalkan sarana yang belajar yang ada dan dala menggunakan internet mampu memanaj waktu antara belajar dengan refresing dan (5) Bagi Peneliti Lain penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3451

Actions (login required)

View Item View Item