Pengaruh metode penugasan berbasis internet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI di SMA Negeri 8 Malang / Rara Citra Ayuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode penugasan berbasis internet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI di SMA Negeri 8 Malang / Rara Citra Ayuningtyas

Ayuningtyas, Rara Citra (2011) Pengaruh metode penugasan berbasis internet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI di SMA Negeri 8 Malang / Rara Citra Ayuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Penugasan Berbasis Internet Hasil Belajar Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dapat berdampak positif terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Penerapan pembelajaran yang mengaktifkan siswa dalam belajar dapat dilakukan dengan penerapan pembelajaran melalui penugasan berbasis internet. Melalui metode ini siswa dihadapkan oleh suatu permasalahan (berupa tugas yang diberikan) yang dipadukan dengan penggunaan internet untuk penyelesaiannya. Metode ini dapat mendorong siswa untuk lebih mandiri dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dicobakan metode pembelajaran melalui penugasan berbasis internet pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran dengan menggunakan metode penugasan berbasis internet terhadap hasil belajar siswa. Pembahasan materi pada penelitian ini dibatasi pada laporan keuangan perusahaan jasa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dikembangkan dengan pretest-posttest control group design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 8 Malang yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 8 Malang yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dan esai. Data hasil belajar siswa diperoleh dari selisih antara nilai post tes dan pre test (gainscore). Gainscore tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji normalitas uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yakni kelas eksperimen 21 43 Sedangkan kelas kontrol 12 04 berdasarkan analisis uji t diperoleh signifikansi (0 04) (0 05) sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yang berarti ada perbedaan positif yang signifikan terhadap hasil belajar melalui metode penugasan berbasis internet. Hal ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar melalui penugasan berbasis internet (kelas eksperimen) memiliki hasil belajar yang lebih baik dari siswa yang diajar melalui metode ceramah dan tanya jawab (kelas kontrol). Berdasarkan penelitian ini disarankan bagi guru akuntansi menggunakan metode penugasan berbasis internet sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk menambah variasi pembelajaran pada kompetensi dasar menyusun laporan keuangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34504

Actions (login required)

View Item View Item