Pengaruh persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI jurusan IPS pada Mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 3 Malang / Siska Aristiyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI jurusan IPS pada Mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 3 Malang / Siska Aristiyawati

Aristiyawati, Siska (2011) Pengaruh persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI jurusan IPS pada Mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 3 Malang / Siska Aristiyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Persepsi Siswa Mengenai Variasi Metode Mengajar Guru Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pendidikan memegang peranan penting dalam kehidupan suatu bangsa. Pendidikan yang berkualitas baik akan mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas baik pula maka dari itu kualitas pendidikan senantiasa perlu ditingkatkan. Guru merupakan kunci keberhasilan pendidikan suatu bangsa. Baik atau buruknya perilaku atau cara mengajar guru akan sangat mempengaruhi citra lembaga pendidikan. Dalam kegiatan belajar mengajar metode diperlukan oleh guru dan penggunaannya bervariasi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai setelah pelajaran berakhir. Penggunaan metode mengajar yang bervariasi diharapkan tumbuh berbagai kegiatan siswa yaitu terciptalah interaksi edukatif. Setiap metode mengajar guru yang dipilih dan digunakan oleh guru membawa pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap motivasi dan pencapaian hasil belajar yang diharapkan. Timbulnya motivasi belajar siswa di kelas dipengaruhi oleh adanya persepsi siswa terhadap kemampuan guru dalam mengajar termasuk penguasaan guru dalam menggunakan metode mengajar yang bervariasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara langsung persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI jurusan IPS pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 3 Malang pengaruh secara langsung motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan IPS pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 3 Malang dan pengaruh secara tidak langsung persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa kelas XI jurusan IPS Pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 3 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 55 siswa. Dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengelolaan datanya peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif uji asumsi dan teknik analisis jalur. Berdasarkan analisis jalur/part analisis diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif secara langsung antara persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru terhadap motivasi belajar. Terdapat pengaruh positif secara langsung motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Terdapat pengaruh positif secara tidak langsung persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34502

Actions (login required)

View Item View Item