Shofwan, Auliya (2011) Pengaruh minat memilih program keahlian akuntansi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Mojoagung / Auliya Shofwan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengaruh Minat Motivasi Belajar Prestasi Belajar. Minat merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan prestasi belajar dimana merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih program keahlian di SMK. Motivasi merupakan factor psikologis yang berfungsi menimbulkan mendasari dan mengarahkan perbuatan belajar. Prestasi belajar merupakan salah satu dasar dalam menentukan kenaikan kelas pemilihan program kelulusan dan penentuan peringkat kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1)Pengaruh positif dan signifikan antara minat memilih program keahlian akuntansi terhadap prestasi belajar. (2)Pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa program keahlian akuntansi terhadap prestasi belajar. (3)Pengaruh positif dan signifikan antara minat memilih program keahlian dan motivasi belajar akuntansi terhadap prestasi belajar. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Penelitian ini disebut penelitian eksplanasi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi ganda dengan menggunakan bantuan program SPSS 14.00 for Windows. Dalam penelitian ini diambil sampel berjenis propability sampling sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan simple random sampling dan stratified random sampling. Hasil analisis menunjukkan (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan dari minat memilih program keahlian Akuntansi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Mojoagung. (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Mojoagung. (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan dari minat memilih program keahlian akuntansi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Mojoagung. Saran yang direkomedasikan terkait dengan hasil penelitian adalah (1) Seorang guru hendaknya dapat menimbulkan minat yang dimiliki oleh siswa yang akan mempenggaruhi peningkatan hasil belajar. (2) Seorang guru hendaknya dapat menumbuhkan motivasi yang dimiliki oleh siswa agar dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik. (3) Sebagai seorang siswa hendaknya dapat menumbuhkan dan mempertahankan minat dalam belajarnya baik disekolah maupun diluar sekolah sehingga dapat menunjang prestasi belajarnya. (4) Bagi peneliti yang mempunyai keinginan mengadakan penelitian yang sejenis disarankan untuk menambah variabel yang belum diteliti karena masih banyak faktor yang berperan penting dalam pencapaian prestasi belajar secara optimal selain minat dan motivasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Nov 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34501 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |