Irawan, Benny (2012) Manajemen kurikulum berbasis karakter (studi kasus di sekolah dasar negeri Percobaan 1 Malang) / Benny Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci strategi manajemen kurikulum karakter Globalisasi telah membawa dampak yang luas di belahan bumi manapun tak terkecuali di Indonesia. Globalisasi bisa berdampak positif ataupun sebaliknya. Dampak negatif globalisasi tersebut diantaranya kekerasan penyalahgunaan narkoba seks bebas kriminalitas dan sebagainya. Semua hal tersebut berakibat hilangnya karakter bangsa. Oleh karena itu pendidikan karakter merupakan salah satu penyaring efek negatif dari globalisasi. Tujuan pendidikan karakter sendiri adalah sebagai alat untuk mempertahankan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang sudah mulai tergerus oleh arus globalisasi. Pengintegrasian muatan karakter ke dalam kurikulum merupakan terobosan yang digunakan dalam menanamkan karakter yang luhur pada diri peserta didik. Hal ini dapat dilakukan melalui Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) kegiatan pengembangan diri dan kegiatan pembiasaan. Ketiga hal tersebut merupakan sarana yang efektif dalam penanaman karakter di SDN Percobaan 1 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan kurikulum berbasis karakter di SDN Percobaan 1 Malang (2) pelaksanaan kurikulum berbasis karakter di SD Negeri Percobaan 1 Malang (3) evaluasi kurikulum berbasis karakter di SD Negeri Percobaan 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Lokasi penelitian berada di SDN Percobaan 1 Malang. Sekolah ini memiliki motto Anggun dalam Berfikir dan Anggun dalam Berbudi Pekerti . Dengan demikian sekolah ini tidak hanya mementingkan aspek akademik saja akan tetapi juga mengutamakan juga tentang pembentukan karakter luhur dalam diri peserta didik. Itulah alasan peneliti memilih SDN Percobaan 1 Malang sebagai lokasi penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk memperoleh data menggunakan teknik sampling yaitu mencari informan yang memahami tentang hal-hal yang berkaitan dengan fokus penelitian. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Kepala SDN Percobaan 1 Malang Wakil Kepala SDN Percobaan 1 Malang Guru Kelas dan bapak ibu guru yang berperan dalam penanaman karakter pada peserta didik. Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data didapatkan hasil berikut. Pertama perencanaan kurikulum berbasis karakter di SDN Percobaan 1 Malang melewati beberapa langkah. Langkah awal yang ditempuh adalah mengembangkan nilai-nilai karakter dari pusat agar menjadi lebih beraneka ragam sehingga dapat lebih mengoptimalkan dalam penanaman karakter pada peserta didik. Selanjutnya nilai-nilai tersebut diintegrasikan ke dalam perangkat pembelajaran yaitu ke Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kedua pelaksanaan atau implementasi kurikulum berbasis karakter di SDN Percobaan 1 Malang melewati beberapa macam cara yaitu (1) terintegrasi dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Dalam Kegiatan Belajar Mengajar muatan karakter terintegrasi dalam proses pembelajaran (2) terintegrasi dalam kegiatan pengembangan diri. Kegiatan pengembangan diri di SDN Percobaan 1 Malang dapat dibedakan menjadi dua yaitu kegiatan pengembangan diri secara terprogram dan kegiatan pengembangan diri yang tidak terprogram (3) kegiatan pembiasaan. Kegiatan pembiasaan ini ada yang bersifat rutin spontan dan keteladanan. Ketiga evaluasi kurikulum berbasis karakter di SDN Percobaan 1 Malang berkaitan dengan keefektifan penanaman muatan karakter pada diri peserta didik. Penilaian ini meliputi proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) kegiatan pengembangan diri dan kegiatan pembiasaan. Penilaian ini memperhatikan indikator sekolah dan indikator kelas yang telah ditentukan. Peneliti memberikan saran kepada (1) Kepala SDN Percobaan 1 Malang agar dapat mempertahankan dan mengembangkan pendidikan karakter yang terintegrasi dalam kurikulum yang telah berjalan selam ini (2) Kepala Jurusan Administrasi Pendidikan agar dapat mempersiapkan lulusasan yang menguasai pengintegrasian karakter dalam kurikulum (3) Mahasiswa Administrasi Pendidikan agar mempelajari tentang implementasi manajemen kurikulum berbasis karakter karena pendidikan karakter menjadi rencana jangka penjang Kementrian Pendidikan Nasional (4) Peneliti lain agar melalukan penelitian yang sejenis di lokasi yang berlainan agar bisa mengembangkan kurikulum berbasis karakter.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3450 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |