Pengaruh metode problem based learning )PBL) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS di SMA Negeri 7 Malang / Ratna Farida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode problem based learning )PBL) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS di SMA Negeri 7 Malang / Ratna Farida

Farida, Ratna (2011) Pengaruh metode problem based learning )PBL) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS di SMA Negeri 7 Malang / Ratna Farida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Problem Based Learning Hasil Belajar Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dapat berdampak positif terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Penerapan pembelajaran yang mengaktifkan siswa dalam belajar dapat dilakukan dengan penerapan problem based learning. Melalui metode ini siswa dihadapkan oleh suatu permasalahan (berupa tugas yang diberikan). Metode ini dapat mendorong siswa untuk lebih mandiri dan bertanggung jawab terhadap permasalahan yang diberikan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dicobakan metode problem based learning pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 7 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa yang diajar melalui problem based learning dan hasil belajar siswa yang hanya melalui metode konvensional. Pembahasan materi pada penelitian ini dibatasi pada laporan keuangan perusahaan jasa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dikembangkan dengan pretest-posttest control group design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS 1 SMA Negeri 7 Malang yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI 4 IS SMA Negeri 7 Malang yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes subjektif. Penelitian ini terdiri dari tiga data yaitu data kemampuan awal siswa data kemampuan akhir siswa dan data hasil belajar Akuntansi. Data hasil belajar siswa diperoleh dari selisih antara nilai post tes dan pre test (gainscore). Gainscore tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji normalitas uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar melalui problem based learning (kelas eksperimen) memiliki hasil belajar yang lebih baik dari siswa yang diajar hanya melalui metode konvensional (kelas kontrol). Berdasarkan penelitian ini disarankan bagi guru akuntansi menggunakan metode problem based learning sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk menambah variasi pembelajaran pada kompetensi dasar menyusun laporan keuangan. Bagi peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian tentang metode PBL dalam pembelajaran dengan mengembangkan materi yang lebih luas dan memvariasikan dengan teknik lain. Soal pretest dan posttest dibedakan tetapi dengan tingkat kesulitan yang sama. Sebaiknya tugas secara individu agar siswa menjadi aktif. Bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian semacam ini dengan menambah aspek afektif dan psikomotorik untuk mengukur hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34499

Actions (login required)

View Item View Item