Pengaruh penggunaan bahan ajar dengan media quiz creator terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 7 Malang / Kiki Putri Uqrowita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan bahan ajar dengan media quiz creator terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 7 Malang / Kiki Putri Uqrowita

Uqrowita, Kiki Putri (2011) Pengaruh penggunaan bahan ajar dengan media quiz creator terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 7 Malang / Kiki Putri Uqrowita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Pembelajaran Motivasi Belajar Hasil Belajar. Media pembelajaran merupakan unsur yang paling menentukan kualitas pembelajaran. Beberapa manfaat menggunakan media komputer adalah 1) pembelajaran lebih menarik 2) bahan pembelajaran lebih jelas 3) metode mengajar lebih bervariasi dan 4) siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar. Media pembelajaran berbasis komputer diharapkan dapat mengatasi masalah belajar siswa yaitu kurangnya motivasi belajar siswa dan rendahnya hasil belajar siswa. Motivasi belajar merupakan faktor psikis yang bersifat nonintelektual dan peranannya menumbuhkan gairah merasa senang dan semangat untuk belajar. Hasil belajar adalah hasil yang dicapai siswa dalam bentuk skor yang merupakan penilain pengetahuan dan pemahaman terhadap ilmu pengetahuan yang dipelajari. Media pembelajaran dengan quiz creator merupakan salah satu media pembelajaran berbasis komputer. Kelebihan media ini adalah tampilannya lebih menarik dan terdapat latihan soal sehingga siswa juga dapat menggunakannya untuk belajar di sendiri. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan lebih lanjut mengenai penggunaan media quiz creator ini terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui 1) pengaruh penggunaan bahan ajar dengan media quiz creator terhadap motivasi pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 7 Malang dan 2) pengaruh penggunaan bahan ajar dengan media quiz creator terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 7 Malang. Pengumpulan data menggunakanteknikkuesionerdantes tulis yang dilaksanakanpadabulan maret-april.Penelitian ini menggunakan teknik pusposive sampling yang dilakukan pada 73 siswa kelas XII IPS1 dan XII IPS2 SMA Negeri 7 MalangTahunAjaran 2010/2011.Penelitianini merupakan penelitian eksperimen dimana terdapat 2 kelompok yaitu kelas kelas kontrol dan kelas eksperimen dan teknik analisis yang digunakan adalah T-test sampel independen. Berdasarkan pada hasil data yang telah diolah maka hasil penelitiaan adalah (1) terdapat pengaruh penggunaan bahan ajar dengan media quiz creator terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 7 Malang. (2) terdapat pengaruh penggunaan bahan ajar dengan media quiz creator terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 7 Malang. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh dua kesimpulan sebagai berikut. Pertama ada pengaruh penggunaan bahan ajar dengan media quiz creator terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini berarti tinggi rendahnya motivasi siswa dipengaruhi oleh media yang digunakan. Kedua ada pengaruh penggunaan bahan ajar dengan media quiz creator terhadap hasil belajar siswa. Hal ini berarti semakin menarik efektif dan efisien media pembelajaran yang digunakan maka semakin tinggi tingkat hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34492

Actions (login required)

View Item View Item