Wati, Anis Eko (2011) Pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Malang / Anis Eko Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pembelajaran kooperatif dengan menggunakan model STAD hasil belajar. Dalam kegiatan pembelajaran guru harus mampu menciptakan proses aktif salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan mengubah pola pembelajaran akuntansi yang konvensional menjadi pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif mampu meningkatan aktivitas pola berpikir kritis dan kreatif serta hasil belajar akuntansi. STAD (Students Teams Achievement Divisions)merupakan salah satu tipe cooperative learning. Oleh karena itu penelitian ini mengambil tema metode pembelajaran kooperatif dengan menggunakan tipe STAD mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran kooperatif dengan model STAD (Students Teams Achievement Divisions) terhadap hasil belajar. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar. Hasil belajar yang dicapainya bermakna bagi dirinya sendiri dan akan tahan lama dalam ingatannya dan membentuk perilaku yang dapat digunakan sebagai alat untuk memperoleh informasi dan pengetahuan lainnya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 9 Malang. Adapun Subyek yang diteliti pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS. Kelas XI IPS 1 berjumlah 38 siswa ditetapkan sebagai kelas kontrol yang diajar model konvensional dan kelas XI IPS 3 berjumlah 36 siswa ditetapkan sebagai kelas eksperimen yang diajar metode kooperatif dengan menggunakan model STAD (Students Teams Achievement Divisions) . Instrumen yang digunakan adalah tes berupa pre-test dan pos-ttest yang diberikan baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Data hasil belajar siswa diperoleh dari selisih antara nilai post-test dan nilai pre-test (gainscore). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yakni kelas eksperimen 17 64 sedangkan kelas kontrol 13 03. Hasil analisis uji U Mann Whitney menunjukkan nilai p 0 000 lebih kecil daripada 0 05. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metode kooperatif dengan menggunakan model STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Malang. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Guru harus meningkatkan kemampuan mengajar yang lebih kreatif inovatif dan menciptakan suasana belajar menyenangkan. (2) Peneliti selanjutnya diharapkan mampu menerapkan pembelajaran metode kooperatif dengan model STAD (Student Teams Achievement Divisions) sehingga siswa dapat termotivasi dalam mengikuti proses belajar mengajar dan selanjutnya hasil belajar mereka dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Nov 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34491 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |