Implementasi strategi pembelajaran kooperatif model group investigation dan peer tutoring untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tumpang semester ganjil 2010/2011 / Ira Faridlotus Sholichah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi strategi pembelajaran kooperatif model group investigation dan peer tutoring untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tumpang semester ganjil 2010/2011 / Ira Faridlotus Sholichah

Sholichah, Ira Faridlotus (2011) Implementasi strategi pembelajaran kooperatif model group investigation dan peer tutoring untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tumpang semester ganjil 2010/2011 / Ira Faridlotus Sholichah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Group Investigation (GI) dan Peer Tutoring Aktivitas Prestasi Belajar. Seiring dengan proses perubahan yang cepat dalam lingkungan pendidikan maka hal tersebut juga berdampak pada perubahan kurikulum pendidikan yaitu dengan diterapkannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada sekolah-sekolah sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yang cenderung teacher-oriented dalam proses belajar mengajar. Diperlukan strategi atau model pembelajaran yang menyenangkan dalam upaya meningkatkan pola pikir peserta didik serta potensi siswa agar berhasil dalam proses belajar mengajar. Upaya atau usaha yang dapat dilakukan oleh guru untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar yang diharapkan adalah dengan cara menguasai materi pelajaran dan memilih metode pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) dan Tutorial Sebaya (Peer Tutoring) pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Tumpang 2) Mendeskripsikan aktivitas siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Tumpang melalui adanya implementasi strategi pembelajaran kooperatif model Group Investigation dan Tutorial Sebaya (3) Mendeskripsikan prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Tumpang melalui adanya penerapan strategi pembelajaran kooperatif model Group Investigation dan Tutorial Sebaya. Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan analisis pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Alat pengumpulan data menggunakan soal tes lembar observasi catatan lapangan dokumentasi dan angket. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Tumpang semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Data tentang aktivitas belajar siswa dapat diketahui melalui setiap indikator elemen kooperatif yang mengalami peningkatan. Sedangkan Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Kesimpulan yang dapat diperoleh adalah Implementasi strategi pembelajaran kooperatif model Group Investigation dan Peer Tutoring dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Tumpang semester ganjil 2010/2011. Beberapa saran yang dapat disampaikan yaitu (1) Guru mata pelajaran Keterampilan Akuntansi disarankan untuk mencoba menerapkan strategi pembelajaran kooperatif dengan berbagai modelnya terutama menggunakan model Group Investigation dan Tutorial Sebaya (2) Siswa disarankan untuk mempelajari materi yang akan disampaikan dan berusaha aktif mencari informasi yang berhubungan dengan mata pelajaran yang akan dipelajari (3) Bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengembangkan penelitian ini disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Group Investigation dan Tutorial sebaya yang dikolaborasikan dengan model-model pembelajaran kooperatif lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34489

Actions (login required)

View Item View Item