Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) dan minat belajar akuntansi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Program IPS di SMA Negeri 2 Blitar / Nuri Setyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) dan minat belajar akuntansi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Program IPS di SMA Negeri 2 Blitar / Nuri Setyowati

Setyowati, Nuri (2011) Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) dan minat belajar akuntansi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Program IPS di SMA Negeri 2 Blitar / Nuri Setyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kecerdasan Intelektual (IQ) Minat Belajar Akuntansi dan Prestasi Belajar Siswa. Kecerdasan intelektual adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dengan menggunakan nalar dan gagasan secara rasional dan terarah agar dapat memecahkan suatu masalah sehingga dapat mencapai tujuan. Semakin tinggi tingkat IQ yang dimiliki seseorang maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang dicapai. Selain itu minat merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan prestasi belajar. Besarnya minat seseorang terhadap suatu hal dapat digunakan sebagai pemicu keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar siswa kelas XI program IPS di SMA Negeri 2 Blitar. (2) Pengaruh minat belajar Akuntansi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI program IPS di SMA Negeri 2 Blitar. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi ganda dengan menggunakan program SPSS 16.00 for Windows. Populasi penelitian ini berjumlah 139 siswa dengan sampel 70 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) nilai thitung (7 239) ttabel (2 000) dengan tingkat signifikansi 0 000 0 05. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar siswa. (2) nilai thitung (4 234) ttabel (2 000) dengan tingkat signifikansi 0 000 0 05. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar akuntansi terhadap prestasi belajar siswa. Saran yang direkomendasikan sehubungan dengan hasil penelitian adalah (1) Agar tingkat kecerdasan intelektual (IQ) yang dimiliki oleh seorang siswa dapat berfungsi secara maksimal terutama dalam mata pelajaran akuntansi dapat dilakukan dengan cara memberikan latihan soal dengan berbagai macam variasi. Sedangkan untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat belajar siswa agar dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar yaitu dengan cara memberikan metode pengajaran berbeda yang bisa lebih menghidupkan kegiatan belajar mengajar di kelas. (2) Sebagai seorang siswa harus dapat menumbuhkan dan mempertahankan minat dalam belajar baik di sekolah maupun di luar sekolah yang timbul akibat partisipasi pengalaman kebiasaan pada waktu belajar sehingga dapat menunjang prestasi belajar siswa. (3) Bagi peneliti yang mempunyai keinginan mengadakan penelitian sejenis disarankan untuk menambah variabel yang belum diteliti karena masih banyak faktor yang berperan penting dalam pencapaian prestasi belajar serta menambah sampel antara lain dengan menggunakan banyak siswa atau menggunakan beberapa sekolah. Untuk pengambilan data peneliti dapat memperbaiki metode yang digunakan antara lain dengan menambah metode wawancara untuk menghasilkan data yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34487

Actions (login required)

View Item View Item