Pengaruh kompetensi profesionalisme dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (studi tentang persepsi mahasiswa) / Devi Hardian Tyasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kompetensi profesionalisme dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (studi tentang persepsi mahasiswa) / Devi Hardian Tyasari

Tyasari, Devi Hardian (2011) Pengaruh kompetensi profesionalisme dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (studi tentang persepsi mahasiswa) / Devi Hardian Tyasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Persepsi Kompetensi Profesionalisme Motivasi Belajar Persepsi adalah suatu proses individu dalam penginderaan yang mengarah kepada pemberian makna terhadap lingkungannya. Kompetensi profesional dosen adalah kemampuan (baik pengetahuan sikap dan keterampilan) yang harus dimiliki oleh seorang dosen untuk melaksanakan dan mempertanggungjawabkan tugas-tugasnya sesuai dengan petunjuk yang telah ditetapkan. Dalam Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen untuk dapat menjadi dosen yang profesional seseorang harus memiliki empat kompetensi yakni kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Analisis dalam penelitian menggunakan analisis regresi berganda. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi mahasiswa tentang kompetensi kepribadian dosen (X1) persepsi mahasiswa tentang kompetensi pedagogik (X2) persepsi mahasiswa tentang kompetensi profesional (X3) persepsi mahasiswa tentang kompetensi sosial (X4) dan motivasi belajar (Y). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi S1 Pendidikan Akuntansi yang telah melakukan registrasi akademik pada semester genap tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini berjumlah 82 mahasiswa. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan angket untuk variabel-variabelnya serta dokumentasi untuk jumlah populasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah persepsi mahasiswa tentang kompetensi kepribadian dosen berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0 003 persepsi mahasiswa tentang kompetensi pedagogik dosen berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0 010 persepsi mahasiswa tentang kompetensi profesional dosen berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0 036 dan persepsi mahasiswa tentang kompetensi sosial dosen berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0 042. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan beberapa hal diantaranya adalah (1) semua dosen akuntansi terus meningkatkan kompetensi profesionalisme (2) mahasiswa diharapkan dapat lebih meningkatkan motivasi belajarnya karena motivasi belajar sangat berperan dalam pencapaian prestasi belajar agar lebih maksimal (3) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk lebih diperluas lagi ataupun bisa mengkaitkan dengan variabel lain serta penelitian lebih terfokus pada dosen tertentu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34486

Actions (login required)

View Item View Item