Hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar dengan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kelas XI IPS MAN Malang I / Ratu Puspitasari Kencana - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar dengan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kelas XI IPS MAN Malang I / Ratu Puspitasari Kencana

Kencana, Ratu Puspitasari (2011) Hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar dengan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kelas XI IPS MAN Malang I / Ratu Puspitasari Kencana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Status sosial ekonomi Motivasi belajar Minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi Minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Dalam penelitian ini mengambil status sosial ekonomi orang tua sebagai salah satu faktor eksternal dan motivasi belajar sebagai faktor internal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Adakah hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi (2) Adakah hubungan antara motivasi belajar dengan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi dan (3) Manakah yang lebih dominan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN Malang I tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah 115 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik proportional random sampling sejumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket yang dianalisis dengan tenik korelasi pearson product moment dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar 0 652 (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan minat melanjukan studi ke perguruan tinggi sebesar 0 619 dan (3) Yang paling dominan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi yaitu status sosial ekonomi orang tua yaitu sebesar 30 12%. Keterbatasan penelitian ini adalah sampel yang digunakan hanya dari 1 sekolah sehingga hasilnya tidak bisa digeneralisasikan dengan sekolah yang lain. Hal ini karena tiap sekolah pasti memiliki latar belakang status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar peneliti lain mengambil sampel dari beberapa sekolah yang berbeda sehingga dapat diketahui apakah ada perbedaan antar sekolah dimana dengan latar belakang status social ekonomi dan motivasi belajar siswa yang berbeda pula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34483

Actions (login required)

View Item View Item