Studi komparasi kemampuan kognitif siswa dalam pelajaran akuntansi di SMA dan SMK Kota Batu / Khusnul Chotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi komparasi kemampuan kognitif siswa dalam pelajaran akuntansi di SMA dan SMK Kota Batu / Khusnul Chotimah

Chotimah, Khusnul (2011) Studi komparasi kemampuan kognitif siswa dalam pelajaran akuntansi di SMA dan SMK Kota Batu / Khusnul Chotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kemampuan kognitif pelajaran akuntansi siswa SMA dan SMK Tujuan pengajaran pada umumnya adalah peningkatan kemampuan siswa dalam aspek kognitif dimana tujuan pembelajaran akuntansi dilihat dari aspek kognitif di SMA dan SMK memiliki beberapa perbedaan yaitu dilihat dari aspek kurikulum kurikulum SMA lebih banyak teori daripada praktek sementara kurikulum SMK lebih banyak praktek dibanding teori. Dari aspek tempat belajar siswa SMA hanya belajar dilingkungan sekolah sedangkan siswa SMK belajar di sekolah dan di dunia usaha atau dunia industri sebagai wujud dari Sistem Pendidikan Ganda. Dan dari aspek kemampuan siswa tamatan SMA belum siap kerja tetapi tamatan SMK lebih siap bekerja dan lebih mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan kognitif siswa dalam pelajaran akuntansi di SMA dan SMK. Populasi pada penelitian ini adalah sekolah SMA dan SMK di kota Batu dengan teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga pada penelitian ini hanya dibatasi pada dua sekolah yaitu SMA Negeri 1 Batu dan SMK Islam Batu. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data kemampuan kognitif siswa dalam pelajaran akuntansi adalah dengan menggunakan tes yang diberikan kepada siswa baik siswa SMA maupun siswa SMK. Berdasarkan hasil analisis uji U Mann Whitney diketahui bahwa terdapat perbedaan kemampuan kognitif siswa dalam pelajaran akuntansi di SMA dan SMK. Dari hasil penelitian juga dapat diketahui bahwa rata rata skor kemampuan kognitif siswa dalam pelajaran akuntansi di SMK lebih tinggi dari rata rata skor kemampuan kognitif siswa di SMA rata rata skor siswa SMK Islam pada kemampuan pengetahuan 6 21 lebih tinggi daripada skor siswa SMA Negeri 1 yaitu 5 49 pada kemampuan pemahaman SMK Islam 6 43 lebih tinggi daripada skor siswa SMA Negeri 1 yaitu 5 14 pada kemampuan penerapan SMK Islam yaitu 7 30 lebih tinggi daripada skor siswa SMA Negeri 1 yaitu 6 87 dan pada kemampuan analisis SMK Islam yaitu 7 85 lebih tinggi daripada skor siswa SMA Negeri 1 yaitu 6 89 sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa SMK memiliki kemampuan kognitif dalam pelajaran akuntansi yang lebih tinggi dari siswa SMA baik kemampuan pengetahuan pemahaman penerapan maupun kemampuan analisis. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Guru seharusnya dapat meningkatkan proses pembelajaran akuntansi baik dari sisi materi yang diberikan maupun praktek (2) siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan dapat meningkatkan prestasinya lebih baik lagi dari sisi keilmuan maupun dari sisi praktek (3) pada penelitian selanjutnya peneliti mampu mengembangkan sampel penelitiannya yang tidak hanya terbatas pada dua sekolah saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34481

Actions (login required)

View Item View Item