Pengaruh efikasi diri dan pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK PGRI 6 Malang / Made Devi Rahayu Nadiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh efikasi diri dan pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK PGRI 6 Malang / Made Devi Rahayu Nadiyanti

Nadiyanti, Made Devi Rahayu (2011) Pengaruh efikasi diri dan pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK PGRI 6 Malang / Made Devi Rahayu Nadiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Efikasi diri pemberian reward motivasi belajar. Motivasi belajar merupakan dorongan untuk melakukan aktivitas belajar yang dilatar belakangi adanya rasa senang atau ketertarikan. Motivasi yang tumbuh dari dalam diri adalah motivasi intrinsik salah satu faktornya adanya rasa keyakinan akan kemampuan diri yang dimiliki siswa atau disebut dengan efikasi diri motivasi ekstrinsik bisa ditingkatkan melalui pemberian reward pada siswa untuk prestasi yang telah dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh antara efikasi diri dan pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa kelas X akuntansi di SMK PGRI 6 Malang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah efikasi diri (X1) dan pemberian reward (X2) sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar (Y). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Akuntansi di SMK PGRI 6 Malang yang berjumlah 44 siswa. Data yang diperoleh dari hasil kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis regresi berganda digunakan untuk menganalisis seberapa jauh pengaruh efikasi diri dan pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara efikasi diri terhadap motivasi belajar siswa kelas X akuntansi di SMK PRI 6 Malang. Selain itu pemberian reward juga memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas X akuntansi di SMK PGRI 6 Malang. Efikasi diri memberikan kenaikan sebesar 0 159 terhadap motivasi belajar dan pemberian reward memberikan kenaikan sebesar 0 305 terhadap motivasi belajar jika variabel-variabel tersebut mengalami kenaikan satu satuan. Disarankan hendaknya semua siswa yakin serta percaya akan kemampuan diri masing-masing siswa sehingga motivasi belajarnya dapat meningkat dan dalam proses belajar mengajar tercipta kegiatan belajar yang kondusif. Guru juga bisa menerapkan pemberian reward dengan cara dan keadaan yang tepat dalam proses belajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada umumnya dan motivasi belajar ekstrinsik pada khususnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34480

Actions (login required)

View Item View Item