Sari, Ria Puspita (2012) Pengaruh kinerja guru terhadap kedisiplinan peserta didik di SMA kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek / Ria Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci kinerja Guru kedisiplinan peserta didik Lembaga pendidikan baik negeri atau swasta ada pengaturan tentang kepegawaian yaitu bagian manajemen sumber daya manusia atau kepegawaian. Dalam suatu organisasi pendidikan perlu memperhatikan pengelolaan sumber daya manusia karena akan mempengaruhi seluruh aktivitas atau kegiatan organisasi dalam bidang pendidikan. Salah satunya adalah tentang pelaksanaan kinerja guru dalam rangka memberikan pedoman bagi peserta didik untuk mewujudkan sikap kedisiplinan di bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa tinggi kinerja guru di SMAN Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek (2) seberapa tinggi kedisiplinan peserta didik di SMAN Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek (3) faktor-faktor apa yang mempengaruhi kedisiplinan peserta didik di SMAN Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek dan (4) apakah ada pengaruh yang signifikan antara kinerja guru dengan kedisiplinan peserta didik di SMAN Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif.Populasi penelitian ini adalah guru dan peserta didik SMAN Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek guru sebanyak 108 dan peserta didik sebanyak 1802. Sedangkan pengambilan sampel dari tabel Kracjie guru sebanyak 86 dan peserta didik sebanyak 320. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan angket untuk kinerja guru dan kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini dianalisis dengan analisis persentase analisis faktor eksploratori uji analisis standar deviasi beda mean dan uji perbedaan dua sampel independen. Hasil analisis menunjukkan (1) guru-guru dalam kinerjanya rata-rata termasuk dalam kategori tinggi dengan 163 orang (51%) sangat tinggi dengan 103 orang(32%) cukup dengan 41 orang(13%) sedangkan kategori rendah dengan 13 orang(4%) (2) pada umumnya kedisiplinan peserta didik dalam kategori tinggi dengan 35 orang (41%) kategori sangat tinggi dengan 23 orang (27%) cukup dengan 15 orang (17%) sedangkan kategori rendah dengan 13 orang (15%) (3) faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan peserta didik meliputi tanggung jawab sopan santun rajin dalam sikap jujur teliti/ benar rajin dalam tugas dan bertindak sopan dan (4) ada pengaruh yang signifikan antara kinerja guru dengan kedisiplinan peserta didik SMAN Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Kesimpulan yang dapat diambil adalah (1) kinerja guru di SMAN Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek termasuk dalam kategori tinggi (2) kedisiplinan peserta didik di SMAN Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek termasuk dalam kategori tinggi (3) faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan peserta didik di SMAN Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek meliputi tanggung jawab sopan santun rajin dalam sikap jujur teliti/benar rajin dalam tugas dan bertindak sopan dalam melaksanakan kewajibannya sebagai peserta didik di sekolah dan (4) ada pengaruh yang signifikan antara kinerja guru dengan kedisiplinan peserta didik SMAN Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Saran dari hasil penelitian ini yaitu (1)bagi guru-guru SMAN Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek untuk mempertahankan kinerja yang sudah ada dengan lebih baik sesuai dengan kompetensi-kompetensi dan kemampuan yang dimiliki walaupun kinerja guru sudah tinggi namun akan lebih baik apabila selalu berusaha meningkatkan kinerjanya agar peserta didik dapat berpedoman terhadap kinerja guru dalam hal kedisiplinannya di sekolah (2)bagi Kepala SMAN Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek untuk meningkatkan kinerja guru yang dimaksudkan disini adalah mendorong guru-guru supaya meningkatkan kinerjanya meskipun sudah mencapai standar kinerja yang telah disesuaikan (3) bagi peserta didik SMAN Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek untuk meningkatkan kedisiplinan di lingkungan sekolah dengan berpedoman pada aturan-aturan yang berlaku di sekolah (4) bagi Jurusan Administrasi Pendidikandapat mengembangkan ilmu manajemen pendidikan yang berhubungan dengan kepegawaian dan sumber daya manusia dan (5) bagi peneliti diharapkan dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan pendekatan lain/alat pengumpul data yang lebih beragam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3448 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |