Pengaruh emotional quotient dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang / Indah Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh emotional quotient dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang / Indah Wijayanti

Wijayanti, Indah (2011) Pengaruh emotional quotient dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang / Indah Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Emotional Quotient Keterampilan Mengajar Guru dan Prestasi Belajar. Pestasi belajar merupakan hasil belajar yang diperoleh siswa dalam menyerap atau menerima ilmu pengetahuan dan materi pelajaran selama proses belajar mengajar yang biasanya ditunjukkan dalam bentuk tes atau angka nilai. Terdapat beberap faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa antara lain yaitu kecerdasan emosional dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dan persepsi siswa tentang keterampilam mengajar guru baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa. Metode analisa data adalah analisa regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh antara Emotional Quotient terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Malang (2) Ada pengaruh antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Malang (3) Ada pengaruh secara simultan antara Emotional Quotient dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Malang. Bedasarkan hasil penelitian tersebut disarankan 1) Bagi kepala sekolah memantau dan mengevaluasi peran guru agar lebih meningkatkan keterampilan mengajarnya 2) Bagi Guru mata pelajaran Akuntansi mempertahankan keterampilan mengajarnya agar menumbuhkan kesukaan siswa dalam berinteraksi di kelas dalam proses belajar mengajar 3) Bagi Siswa Mempertahankan prestasi belajar nya dengan membiasakan belajar teratur dan kosultasi dengan guru mata pelajaran apabila mendapat kesulitan dalam memahami materi yang di ajarkan 4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengambil populasi yang lebih besar dan melakukan penelitian pada jenjang dan jenis pendidikan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34479

Actions (login required)

View Item View Item