Trisnawati, Yuni Putri (2011) Evaluasi proses praktik pengalaman lapangan keguruan mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang pada tahun pelajaran 2010/2011 / Yuni Putri Trisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci PPL Evaluasi Proses Perencanaan Pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran. Universitas Negeri Malang (UM) sebagai salah satu Lembaga Pencetak Tenaga Kependidikan (LPTK) menyelenggarakan matakuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa calon guru guna mencetak tenaga guru yang berkualitas. PPL merupakan kulminasi dari pengalaman belajar teoritis dan praktis untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam melaksanakan praktik kependidikan atau non kependidikan agar mahasiswa siap menjadi tenaga profesional dalam bidang keahliannya yang dilaksanakan secara terprogram terpadu dan terbimbing melalui kegiatan magang di sekolah atau lembaga yang menyelenggarakan program di bidang pendidikan mahasiswa kependidikan dan nonkependidikan. Kesesuaian pelaksanaan PPL dengan pedoman yang dirancang sangat menentukan kualitas mahasiswa calon guru yang disiapkan oleh UM. Dengan demikian tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan PPL sesuai dengan standar UPT PPL. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa UM jurusan akuntansi yang tengah melaksanakan matakuliah PPL guru pamong dan siswa (yang tengah menjadi subyek PPL oleh mahasiswa) dengan tujuan mendapatkan informasi yang diperlukan untuk menjawab beberapa permasalahan dalam penelitian ini. Evaluasi kemampuan mahasiswa PPL akuntansi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran kurang sesuai dengan pedoman yang dirancang oleh UPT PPL. Hal ini disimpulkan berdasarkan hasil observasi dengan pedoman UPT PPL dan wawancara dengan 3 subyek yaitu mahasiswa siswa dan guru pamong yang mengarah pada satu hal yaitu mahasiswa PPL mampu memenuhi beberapa komponen silabus RPP kemampuan mengajar dan pengajaran mikro dan beberapa diantaranya belum dapat dipenuhi. Saran yang diberikan oleh peneliti bagi DPL yaitu memberikan pengetahuan pembuatan RPP dan ketrampilan dasar mengajar yang memadai sebelum menerjunkan mahasiswa ke sekolah. Bagi guru pamong diharapkan mengamati mahasiswa PPL selama proses pelaksanaan pembelajaran. Bagi mahasiswa PPL diharapkan dapat melakukan komunikasi secara efektif dengan siswa dosen pendamping lapangan dan guru pamong di sekolah. Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini dilaksanakan pada ruang lingkup mahasiswa PPL akuntansi diharapkan peneliti selanjutnya meneliti mahasiswa PPL bidang lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Oct 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34477 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |