Perilaku siswa kelas XI KU 2 selama proses pembelajaran akuntansi perbankan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Kartika Dwi Setyarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Perilaku siswa kelas XI KU 2 selama proses pembelajaran akuntansi perbankan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Kartika Dwi Setyarini

Setyarini, Kartika Dwi (2011) Perilaku siswa kelas XI KU 2 selama proses pembelajaran akuntansi perbankan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Kartika Dwi Setyarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Perilaku siswa proses pembelajaran. Proses pembelajaran adalah suatu interaksi antara pihak yang belajar dan pihak yang membelajarkan untuk bersama-sama mencapai tujuan belajar. Proses pembelajaran merupakan penentu tercapai tidaknya tujuan pembelajaran. Apabila tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai dengan maksimal akan membuat siswa mengalami kesulitan belajar. Kesulitan belajar yang dialami siswa sering ditemui dalam mata pelajaran yang memiliki tingkat kesukaran cukup tinggi. Mata pelajaran akuntansi perbankan merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai tingkat kesukaran cukup tinggi. Selain itu waktu pembelajaran akuntansi perbankan yang cukup pendek membuat siswa sering mengalami kesulitan-kesulitan dalam mempelajari akuntansi perbankan. Kesulitan belajar merupakan salah satu bentuk perilaku siswa selama proses pembelajaran akuntansi perbankan. Perilaku siswa merupakan adalah semua tingkah laku yang ditunjukkan oleh siswa selama siswa menerima pelajaran dari guru di kelas. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui proses pembelajaran akuntansi perbankan di kelas XI KU 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dan (2) untuk mengetahui perilaku siswa kelas XI KU 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen selama proses pembelajaran akuntansi perbankan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan sumber data yaitu siswa kelas XI KU 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa lembar pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa (1) pada proses pembelajaran pertama guru menjelaskan materi pelajaran tentang rekonsiliasi bank dengan menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran berupa LKS sedangkan pada pembelajaran kedua guru hanya menyuruh siswa untuk mengerjakan soal tentang laporan rekonsiliasi bank untuk saldo sebenarnya (2) perilaku siswa selama proses pembelajaran akuntansi perbankan berlangsung yaitu siswa kurang dapat memfokuskan perhatiannya saat guru menjelaskan merasa bosan dan jenuh tidur di dalam kelas membuat keributan di kelas dan menyalin pekerjaan temannya. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar siswa selalu memperhatikan penjelasan dari guru tidak membuat keributan di kelas dan tidur di dalam kelas agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan siswa dapat memahami materi pelajaran dengan baik. Selain itu untuk guru pengajar akuntansi perbankan disarankan untuk menggunakan metode dan media pembelajaran yang menarik dan melibatkan siswa agar siswa lebih aktif saat proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34476

Actions (login required)

View Item View Item