Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru PPL dan fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Kepanjen / Baharrudin Ramadhani Wicaksono. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru PPL dan fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Kepanjen / Baharrudin Ramadhani Wicaksono.

Wicaksono , Baharrudin Ramadhani (2011) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru PPL dan fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Kepanjen / Baharrudin Ramadhani Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Persepsi Kompetensi Profesional Guru PPL Fasilitas Belajar Motivasi Belajar Prestasi Belajar. Guru memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan karena guru merupakan faktor utama dalam pendidikan dan pengajaran disekolah. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah motivasi belajar. Kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru PPL dan fasilitas belajar yang memadai di sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa karena kedua komponen tersebut dapat dijadikan jembatan dalam penyampaian materi agar dapat dipahami oleh siswa. Jika kompetensi profesional guru PPL dan fasilitas belajar di sekolah baik maka dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan secara tidak langsung mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru PPL dan fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi dan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomii kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kepanjen. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi menggunakan analisis regresi dan analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kepanjen Malang dengan jumlah 105 siswa. Data diperoleh dengan menyebarkan angket dan dokumentasi berupa nilai ujian akhir semester ganjil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh langsung persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru PPL terhadap motivasi belajar 2) terdapat pengaruh langsung fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi belajar 3) terdapat pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar 4) terdapat pengaruh tidak langsung persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar dan 5) terdapat pengaruh tidak langsung fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan agar (a) sekolah dapat terus meningkatkan kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar di sekolah dengan melanjutkan tingkat pendidikan guru ke jenjang yang lebih tinggi serta peningkatan faslitas belajar yang ada di sekolah karena hal tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar siswa (b) siswa terus berusaha untuk meningkatkan motivasi belajar yang didukung dengan kompetensi profesional guru PPL ekonomi/akuntansi SMA Negeri 1 Kepanjen Malang yang baik serta fasilitas belajar di sekolah yang memadai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34474

Actions (login required)

View Item View Item