Pengaruh interaksi pembelajaran dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Madiun / Dinna Zulhijanti Kautsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh interaksi pembelajaran dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Madiun / Dinna Zulhijanti Kautsari

Kautsari, Dinna Zulhijanti (2011) Pengaruh interaksi pembelajaran dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Madiun / Dinna Zulhijanti Kautsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Interaksi Pembelajaran Lingkungan Belajar Prestasi Belajar. Usaha siswa dalam mencapai prestasi belajar yang baik dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya yaitu interaksi pembelajaran dan lingkungan belajar. Interaksi pembelajaran dan lingkungan belajar memiliki peran penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa karena kedua komponen ini dapat mempengaruhi penyampaian materi pelajaran oleh guru kepada siswa sehingga siswa mudah memahami materi tersebut. Jika interaksi pembelajaran terjalin dengan baik dan lingkungan belajar juga ikut mendukung maka prestasi belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi pembelajaran dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi menggunakan analisis regresi linear berganda. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Madiun berjumlah 136 siswa dengan sampel penelitian sebesar 90 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan angket dan dokumentasi berupa nilai rapor mata pelajaran Akuntansi semester ganjil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh interaksi pembelajaran terhadap prestasi belajar dan 2) terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan agar penelitian selanjutnya 1) menambahkan variabel lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar seperti minat motivasi disiplin belajar cara belajar dan sebagainya sehingga penelitian tersebut dapat saling melengkapi 2) memperluas ruang lingkup penelitiannya di beberapa wilayah pengamatan yang berbeda sehingga hasil penelitian dapat mewakili secara umum dan 3) mengkombinasikan teknik pengumpulan data melalui angket dokumentasi wawancara dan observasi/eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34472

Actions (login required)

View Item View Item