Pengaruh implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dengan sistem kredit semester (SKS) dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan IPS di SMA 2 Negeri Malang / Giyanti Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dengan sistem kredit semester (SKS) dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan IPS di SMA 2 Negeri Malang / Giyanti Novita Sari

Sari, Giyanti Novita (2011) Pengaruh implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dengan sistem kredit semester (SKS) dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan IPS di SMA 2 Negeri Malang / Giyanti Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Implementasi KTSP dengan SKS Kebiasaan Belajar dan Prestasi. Pendidikan merupakan pilar atau pondasi utama untuk membangun manusia berkualitas dan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan di negara kita. Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan nasional sehingga peningkatan mutu pendidikan perlu dilakukan agar tujuan nasional tersebut dapat diwujudkan. Upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan salah satunya melalui peningkatan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah implementasi KTSP dengan SKS dan kebiasaan belajar. Kurikulum berperan penting dalam meningkatkan prestasi siswa. KTSP disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan yang didalamnya memuat pengaturan beban belajar dengan Sistem Kredit Semester (SKS). Sejauh mana efektifitas KTSP dengan SKS tersebut diterapkan di sekolah sehingga mampu menunjang siswa untuk berprestasi. Selain itu prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kebiasaan belajarnya. Agar dapat memperoleh prestasi yang baik maka dalam kegiatan belajarnya siswa harus mempunyai sikap dan cara belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh secara parsial implementasi KTSP dengan SKS terhadap prestasi belajar siswa akan meningkat jika implementasi KTSP dengan SKS benar-benar efektif dan kebiasaan belajar yang baik oleh karena itu siswa diharapkan mampu tasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi juga pengaruh dominan implementasi KTSP dengan SKS dan kebiasaan belajar terhadap prestasi siswa kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri 2 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan IPS yang berjumlah 104 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 59 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial implementasi KTSP dengan SKS dan kebiasaan belajar mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi siswa kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri 2 Malang hal tersebut dapat di lihat dari nilai masing-masing thitung 4 382 dan 3 520. Diketahui secara simultan motivasi dan kebiasaan belajar juga berpengaruh positif terhadap prestasi siswa kelas XI jurusan IPS ddi SMA Negeri 2 Malang dengan diperoleh nilai Fhitung sebesar 24 187. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh dominan adalah variabel implementasi KTSP dengan SKS (X1). Saran yang dapat diberikan yaitu (1) Bagi pihak sekolah agar fasilitas belajar di sekolah dilengkapi sehingga siswa dapat melaksanakan kegiatan belajar dengan lebih baik (2) Guru senantiasa memberikan dorongan agar siswa memperbaiki kebiasaan belajar mereka dengan cara menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan (3) Siswa diharapkan mampu mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik dengan adanya implementasi KTSP dengan SKS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34469

Actions (login required)

View Item View Item