Analisis soal ujian nasional (UN) pada mata pelajaran akuntansi tahun pelajran 2008/2009 dan 2009/2010 / Siska Purwanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis soal ujian nasional (UN) pada mata pelajaran akuntansi tahun pelajran 2008/2009 dan 2009/2010 / Siska Purwanti

Purwanti, Siska (2011) Analisis soal ujian nasional (UN) pada mata pelajaran akuntansi tahun pelajran 2008/2009 dan 2009/2010 / Siska Purwanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Analisis Kualitas Tes Ujian Nasional Mata Pelajaran Akuntansi Ujian nasional merupakan salah satu instrumen evaluasi dalam pendidikan yang terstandarisasi dan digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa di akhir pengajaran suatu program pendidikan. Hasil ujian nasional tersebut digunakan untuk mengambil suatu keputusan dalam program pendidikan selanjutnya. Sedemikian pentingnya ujian nasional sehingga bagi peserta didik pendidik dan orang tua benar-benar mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Meskipun demikian kegagalan dalam ujian nasional masih banyak dialami setiap wilayah Indonesia. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan apakah soal ujian nasional telah memenuhi kualifikasi sebagai tes standar yang memiliki kualitas instrumen yang andal. Kualifikasi tersebut meliputi tingkat validitas reliabilitas taraf kesukaran daya beda tes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas reliabilitas taraf kesukaran dan daya beda pada soal ujian nasional tahun pelajaran 2008/2009 dan 2009/2010. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumen dari soal ujian nasional dua tahun terakhir. Analisis data meliputi analisis tingkat validitas item tes reliabilitas tes taraf kesukaran dan daya beda tes. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan maka dapat disimpulkan bahwa soal-soal ujian nasional ekonomi dengan standar kompetensi dasar akuntansi perusahaan jasa tahun pelajaran 2008/2009 dan tahun pelajaran 2009/2010 kurang sesuai dengan kualifikasi dan keefektifan instrumen evaluasi yang baik terutama pada aspek validitas taraf kesukaran dan daya beda soal. Instrumen evaluasi yang baik adalah instrumen yang dapat dipercaya (valid) dapat diandalkan atau ajeg (reliabel) memiliki taraf kesukaran yang tersebar pada butir soal secara proporsional dan daya beda yang baik pula. Secara umum jika dibandingkan kualitas soal ujian nasional (UN) tahun pelajaran 2008/2009 dan tahun pelajaran 2009/2010 soal ujian nasional tahun 2008/2009 lebih baik dibandingkan dengan soal ujian nasional tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan dalam penelitian selanjutnya untuk menambah sampel penelitian lebih dari dua sekolah agar hasil yang diperoleh benar-benar obyektif dan menujukkan hasil yang lebih baik karena setiap sekolah memiliki kemampuan berpikir (input) siswa yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34468

Actions (login required)

View Item View Item