Pengaruh kemampuan akuntansi manual terhadap hasil belajar komputer akuntansi (Myob Accounting) siswa kelas XII program keahlian akuntansi SMKN 1 Pasuruan / Wahyu Setyo Amelia

Amelia, Wahyu Setyo (2011) Pengaruh kemampuan akuntansi manual terhadap hasil belajar komputer akuntansi (Myob Accounting) siswa kelas XII program keahlian akuntansi SMKN 1 Pasuruan / Wahyu Setyo Amelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Kemampuan Akuntansi Manual, Hasil Belajar Komputer Akuntansi. Kemampuan akuntansi manual berpengaruh terhadap hasil belajar komputer akuntansi karena pada saat akan mengoperasikan MYOB Accounting siswa diharapkan mampu menganalisis transaksi yang ada dalam perusahaan dan mengetahui akun-akun apa saja yang berpengaruh terhadap transaksi tersebut. Sehingga untuk dapat menganalisis transaksi dalam perusahaan maka dibutuhkan kemampuan akuntansi manual. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kemampuan akuntansi manual terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pasuruan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi (Explanation Research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pasuruan yang berjumlah 107 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Sumber data berasal dari bagian tata usaha dan bagian akademik SMK Negeri 1 Pasuruan. Teknik pengumpulan data menggunakan data dokumentasi. Berdasarkan hasil data yang telah diolah dapat diketahui signifikasi regresi sederhana sebesar 0,000 lebih kecil 0,05. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kemampuan akuntansi manual (X) berpengaruh terhadap hasil belajar komputer akuntansi (Y). Namun demikian penelitian ini tidak sepenuhnya mengkonfirmasikan pendapat Ong (2001: 10) yang menyatakan bahwa dengan mengetahui cara atau metode manual yang digantikan oleh softwere ini, maka akan memberikan kemudahan dalam mengoperasikan softwere MYOB Accounting, hal tersebut dapat dilihat dari angka koefisien determinan yang ada dalam penelitian ini yaitu sebesar 26,9%. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu, penelitian ini tidak mengetahui bagaimana kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa pada saat mengoperasikan MYOB Accounting. Selain itu angka koefisien determinan dalam penelitian ini sebesar 26,9%, angka tersebut menunjukkan bahwa variabel kemampuan akuntansi manual bukan faktor utama dalam keberhasilan mata pelajaran komputer akuntansi. Saran bagi penelitian selanjutnya, sebaiknya melengkapi data sekunder dengan menggunakan data primer, misalnya melakukan wawancara secara langsung dengan siswa mengenai tingkat kesulitan secara teknis yang dihadapi oleh siswa pada saat mengoperasikan MYOB Accounting serta minat siswa pada mata pelajaran MYOB Accounting. Menambah variabel bebas selain kemampuan akuntansi manual, misalnya variabel kemampuan bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34466

Actions (login required)

View Item View Item