Rochmah, Nety Nasiatul (2011) Pengaruh media pembelajaran berbasis komputer dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang / Nety Nasiatul Rochmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Media Pembelajaran Berbasis Komputer Lingkungan Belajar Prestasi belajar Secara umum pendidikan saat ini menghadapi berbagai kendala diantaranya kendala dalam pengajaran yang bersifat konvensional. Sehingga pada masa sekarang ini menyebabkan siswa merasa bosan untuk mengikuti pelajaran atau siswa menjadi kurang tertarik dengan pelajaran yang disampaikan apabila model pembelajaran yang diberikan oleh guru bersifat konvensional. Oleh karena itu seiring perkembangan teknologi dan kemajuan jaman guru dituntut untuk lebih inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran salah satu media yang dapat dikembangkan adalah media pembelajaran berbasis komputer. Selain itu kendala lain yang timbul dalam kegiatan belajar adalah lingkungan belajar baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan sekolah. Pada umumnya lingkungan belajar yang kurang aman dan kurang tenang menyebabkan siswa kesulitan dalam meningkatkan prestasi belajarnya. Penilaian prestasi belajar terhadap siswa sangat penting karena dapat diketahui sejauh mana taraf pengetahuan siswa yang dicapai selama mengikuti proses kegiatan belajar. Dalam penelitian ini prestasi belajar yang dimaksud adalah hasil belajar siswa yang diambil dari nilai raport siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis komputer dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 144 siswa yang kemudian diambil sampelnya sebanyak 60 siswa. Dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengelolaan datanya peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil analisis linier berganda dapat diketahui variabel media pembelajaran berbasis komputer berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dan lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Sedangkan secara simultan variabel media pembelajaran berbasis komputer dan lingkungan belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel prestasi belajar siswa. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis komputer berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dan lingkungan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34464 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |