Pengaruh media pembelajaran LKS digital terhadap hasil belajar akuntansi di SMA Laboratorium UM / Citra Lia Oktaviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media pembelajaran LKS digital terhadap hasil belajar akuntansi di SMA Laboratorium UM / Citra Lia Oktaviani

Oktaviani, Citra Lia (2011) Pengaruh media pembelajaran LKS digital terhadap hasil belajar akuntansi di SMA Laboratorium UM / Citra Lia Oktaviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci LKS Digital hasil belajar. Pada umumnya pembelajaran masih bersifat verbalis dan berpusat pada guru. Pembelajaran yang terkesan konvensional tersebut selain kurang maksimal dalam memenuhi kebutuhan siswa juga terasa membosankan sehingga dapat mengakibatkan siswa merasa sukar dalam memahami materi yang diberikan guru. Terutama materi akuntansi yang bukan merupakan pelajaran hafalan dengan muatan-muatan teori tetapi juga memerlukan banyak latihan dan keterampilan. Maka guru selain menguasai materi juga harus memiliki media pembelajaran yang yang bersifat mandiri untuk mengatasi hal ini yang dapat membuat pembelajaran akan lebih menarik. Salah satu media yang bisa menjadi alternatif untuk membuat siswa lebih mandiri dalam belajarnya adalah LKS Digital. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengambil tema penelitian pengaruh media pembelajaran LKS Digital terhadap hasil belajar akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran LKS Digital terhadap hasil belajar akuntansi di SMA Laboratorium UM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa XI IPS di SMA Laboratorium UM yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah 134 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2 dengan jumlah 88 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling untuk memilih dua kelas dari tiga kemungkinan kelas yang ada. Instrumen yang digunakan berupa soal pre test dan post test berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 item. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis penelitian ini digunakan Uji T untuk membandingkan rata-rata hasil belajar (gain value) kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gain value kelompok eksperimen sebesar 25 34 dan gain value kelompok kontrol sebesar 21 25. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara gain value kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0 036 0 05. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelompok kontrol sehingga dapat dilihat bahwa media pembelajaran LKS Digital berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi di SMA Laboratorium UM Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru dapat lebih kreatif dalam menerapkan media pembelajaran karena dengan penggunaan media dalam kelas dapat membuat suasana pembelajaran lebih menyenagkan sehingga menimbulkan motivasi bagi siswa. Penggunaan LKS Digital ini dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34461

Actions (login required)

View Item View Item