Identifikasi problematika yang dihadapi siswa belajar geografi berdasarkan kurikulum 2013 revisi di sman se kota malang / Mannuril Laili Dini</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi problematika yang dihadapi siswa belajar geografi berdasarkan kurikulum 2013 revisi di sman se kota malang / Mannuril Laili Dini</p>

Dini, Mannuril Laili (2019) Identifikasi problematika yang dihadapi siswa belajar geografi berdasarkan kurikulum 2013 revisi di sman se kota malang / Mannuril Laili Dini</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa mengalami problematika pada saat belajar geografi berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Hambatan yang dirasakan siswa dikarenakan oleh pergantian kurikulum dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum 2013 revisi. Seluruh SMA Negeri di kota Malang telah memberlakukan kurikulum 2013 revisi. Hambatan yang timbul dalam proses pelaksanaannya berdampak pada siswa yang ditinjau dari dua aspek. Aspek tersebut adalah dari proses belajar mengajar kemudian juga dapat dilihat pada saat penilaian. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk Mengidentifikasi Problematika yang Dihadapi Siswa Belajar Geografi Berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Se-Kota Malang pada siswa yang menempuh mata pelajaran geografi. Penelitian ini dirancang menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri se-Kota Malang. Sample yang diambil adalah 15% dari jumlah sample yang ada yaitu sebanyak 1.517. Sehingga yang dijadikan responden adalah satu kelas jenjang kelas X pada setiap SMA Negeri se kota Malang dengan jumlah responden sebanyak 228 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket teknik ini dilakukan dengan cara memberi beberapa pertanyaan berupa angket kepada seluruh siswa kelas yang di tunjuk sebagai responden. Penggunaan angket pada penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data problematika yang dihadapi siswa belajar geografi berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup. data yang telah diperoleh dari hasil angket akan dilakukan scoring scoring yang dilakukan menggunakan skala Likert dengan modifikasi dan dianalisis melalui analisis deskriptif. Berdasarkan tujuan dan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diidentifikasikan bahwa problematika yang dihadapi siswa belajar geografi berdasarkan kurikulum 2013 revisi di SMAN se-kota Malang terdapat dalam proses penilaian. Tabel distribusi frekuensi data penilaian menunjukkan bahwa frekuensi yang paling banyak muncul terdapat dalam klasifiksi C dengan presentase sebesar 54 39%. Proses penilaian memiliki rata-rata nilai sebesar 70 00 dengan jumlah nialai 32150 dari 228 responden yang memiliki klasifikasi memengaruhi. Proses penialain meliputi kesulitan mengerjakan soal kesulitan siswa dalam proses pengambilan penilaian pengetahuan kesulitan siswa dalam proses pengambilan penilaian ketrampilan dan kesulitan siswa dalam proses pengambilan penilaian sikap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Oct 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/344603

Actions (login required)

View Item View Item