Pengaruh kemampuan berfikir formal siswa dan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran keterampilan akuntansi kelas XI sosial di SMA Negeri 2 Batu / Vivi Maria Kristiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemampuan berfikir formal siswa dan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran keterampilan akuntansi kelas XI sosial di SMA Negeri 2 Batu / Vivi Maria Kristiana

Kristiana, Vivi Maria (2011) Pengaruh kemampuan berfikir formal siswa dan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran keterampilan akuntansi kelas XI sosial di SMA Negeri 2 Batu / Vivi Maria Kristiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan berfikir formal sumber belajar prestasi belajar Kemampuan berfikir formal merupakan tingkat tertinggi dalam teori perkembangan inteluktual menurut Jean Piaget. Tingkat kemampuan berfikir formal yang tinggi sangat membantu proses belajar siswa salah satunya dalam menyelesaiakan latihan-latihan akuntansi. Selain kemampuan berfikir formal sumber belajar yang lengkap serta dimanfaatkan dengan maksimal juga sangat membantu proses belajar dan keberhasilan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari kemampuan berpikir formal dan sumber belajar terhadap prestasi belajar keterampilan akuntansi siswa kelas XI Sosial di SMA Negeri 2 Batu. Penelitian ini termasuk penelitian eksplanasi. Jumlah populasi pada penelitian ini 114 siswa kelas XI Sosial. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penentuan sampel berdasarkan hasil tes kemampuan berfikir formal. Siswa yang mampu berfikir formal dipilih sebagai sampel. Berdasarkan hasil tes terdapat 42 siswa yang mampu berfikir formal. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berfikir formal tes prestasi belajar keterampilan akuntansi serta angket untuk mengukur sumber belajar siswa. Hasil penelitian ini Kesimpulan menyimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan berfikir formal terhadap prestasi belajar keterampilan akuntansi siswa kelas XI Sosial di SMA Negeri 2 Batu. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sumber belajar siswa terhadap prestasi belajar keterampilan akuntansi siswa kelas XI Sosial di SMA Negeri 2 Batu. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Guru harus dapat memilih strategi pembelajaran yang tepat yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berfikir formal siswa serta dapat menjadi sumber belajar siswa yang dapat membantu mempermudah proses belajar siswa. (2) siswa harus dapat membiasakan diri untuk berfikir kritis dan dapat melengkapi serta memanfaatkan sumber belajar dengan maksimal pada proses belajarnya. (3) bagi lembaga pendidikan dan institusi terkait sebaiknya mulai memperhatikan perkembangan kognitif siswa sehingga dapat menentukan kurikulum yang dapat mengembangkan kemampuan siswa pada tiap tingkatnya (4) bagi peneliti lain dapat menambah sampel atau menambah variabel agar mendapatkan hasil yang lebih baik yang nantinya dapat dijadikan pembanding dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34460

Actions (login required)

View Item View Item